androidvodic.com

Program Transformasi Digital Tingkatkan Prestasi Akademik Siswa di Merauke Jadi di Atas 80 - News

Laporan wartawan News, Hasiolan EP

News - Penerapan program transformasi digital dari ujung timur Indonesia dilaporkan mampu meningkatkan prestasi akademik siswa-siswi di sekolah di kawasan tersebut.

Program transformasi digital tersebut diklaim dilakukan platform Jelajah Ilmu pada ratusan sekolah di Indonesia, termasuk di SMPN Buti, Merauke.

Pihak sekolah menyatakan keberhasilan adaptasi platform pembelajaran digital tersebut mampu meningkatkan prestasi akademik siswa-siswi di sekolahnya.

Yusinta Pangrasia, Kepala Sekolah SMPN Buti Merauke, mengatakan platform tersebut memudahkan komunikasi antara pengajar dan siswa, yang berdampak pada peningkatan prestasi.

"Siswa di sekolah kami juga mengalami kenaikan nilai rata-rata pembelajaran menjadi di atas 80, dari sebelumnya yang 70-an,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12/2023).

Ahmad Syarifuddin, guru SMPN Buti Merauke yang menjelaskan, platform ini memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran, terutama dalam hal meningkatkan kemampuan membuat konten pelajaran dan mengelola materi pelajaran seperti presentasi, video, tes, dan materi pembelajaran lainnya.

“Kami kini dapat mengakses materi pelajaran dari sumber daya pendidikan yang baik dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, jelajah Ilmu sangat menyesuaikan materi pelajaran yang tepat, sehingga kegiatan belajar dan mengajar jadi semakin baik”, ujarnya.

Dijelaskan, dalam penerapannya di SMPN Buti, Merauke, platform ini  membantu melakukan pengelolaan dan distribusi materi pembelajaran, membantu komunikasi dan kolaborasi antar pihak dalam ekosistem sekolah, melakukan pengumpulan dan penilaian tugas secara digital, serta meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam pemberian materi dan tugas sekolah.

Selain itu, pembelajaran juga bisa digunakan untuk melakukan pengawasan dan analisis performa murid oleh sekolah, guru, hingga orang tua secara mudah dan real time.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat