androidvodic.com

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 9 Halaman 4 Kurikulum Merdeka Bab 1: Isi Pidato Soekarno - News

News - Simak kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 9 halaman 4 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila kali ini membahas tentang bagian Bab 1: Hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, BhinnekaTunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kunci jawaban mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 9 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Baca juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 14 Kurikulum Merdeka Bab 1: Tabel 1.4

Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 9 Halaman 4 Kurikulum Merdeka: 

Buku Pendidikan Pancasila Kelas 9 Halaman 4 Kurikulum Merdeka
Buku Pendidikan Pancasila Kelas 9 Halaman 4 Kurikulum Merdeka

Bab 1: Hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, BhinnekaTunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Isi Pidato Presiden Soekarno 

“…saudara-saudara, itulah harus Weltanschauung kita. Entah saudarasaudara menyepakatinya atau tidak, tetapi saya berjuang sejak 1918 sampai 1945 sekarang ini untuk Weltanschauung itu. Untuk membentuk nasionalisme Indonesia, untuk kebangsaan Indonesia; untuk kebangsaan Indonesia yang hidup di dalam perikemanusiaan; untuk permufakatan; untuk socialerechtvaardigheid; untuk ke-Tuhanan.

Pancasila, itulah yang berkobar-kobar di dalam dada saya sejak berpuluh tahun. Tetapi, saudara-saudara, diterima atau tidak, terserah kepada saudara-saudara. Tetapi, saya sendiri mengerti seinsaf-insafnya, bahwa tidak ada satu Weltanschauung dapat menjelma dengan sendirinya, menjadi realiteit (realita) dengan sendirinya.

Tidak ada satu Weltanschauung dapat menjadi kenyataan, menjadi realiteit, jika tidak dengan perjuangan!”. (BPIP, 2019)." 

1.Pancasila sebagai Weltanschauung (pandangan hidup bangsa).

2.Kebangsaan Indonesia;

3.Internasionalisme atau perikemanusiaan;

4.Mufakat atau demokrasi;

5.Kesejahteraan sosial.

*) Disclaimer:

- Kunci jawaban Pendidikan Pancasila di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.

- Sebelum melihat kunci jawaban, pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

(News/Rinanda)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat