androidvodic.com

Model Soal dan Materi Tes UTBK SNBT 2024, Simak Jadwalnya - News

News - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 akan dilaksanakan pada April-Mei 2024 mendatang.

SNBT 2024 dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Selain itu, SNBT 2024 juga dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju.

Materi tes UTBK SNBT 2024 diketahui masih sama dengan UTBK SNBT tahun 2023.

Namun, akan ada bentuk soal isian pada UTBK SNBT 2024.

Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Tjitjik Srie Tjahjandarie mengatakan, soal isian UTBK SNBT 2024 yang dimaksud adalah soal isian sederhana.

"Tetapi adik-adik tidak terlalu khawatir karena soal-soal isian sederhana. Bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang atau harus menuliskan rumus, tidak seperti itu," kata Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam konferensi pers Peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPBM) 2024, dikutip dari YouTube SNPMB BPPP, Senin (11/12/2023).

Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer seleksi nasional berdasarkan tes (UTBK SNBT) 2023 di Gedung Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Dr Setiabudhi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/5/2023). Pelaksanaan tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mendaftar jalur SNBT tahun 2023 di Kampus UPI diikuti sebanyak 25.119 peserta, dengan rincian di UPI Kampus Bumi Siliwangi berlokasi di Kota Bandung sebanyak 16.141 peserta, UPI Kampus Cibiru 3.053 peserta, UPI Kampus Sumedang 1.908 peserta, UPI Kampus Purwakarta 2.430 peserta. UPI Kampus Tasikmalaya 1.078 peserta, dan UPI Kampus Serang 511 peserta. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer seleksi nasional berdasarkan tes (UTBK SNBT) 2023 di Gedung Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Dr Setiabudhi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/5/2023). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Baca juga: Ketentuan Pilihan Program Studi SNBT 2024, Peserta Bisa Pilih Maksimal 4 Prodi

Materi Tes UTBK SNBT 2024

Mengutip laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, berikut ini materi tes yang akan diujikan pada UTBK SNBT 2024:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
Adapun kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat