androidvodic.com

Kemendikbudristek: Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut Bantu Guru PAUD Belum Tersentuh Pemerintah - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA -  Asih Priamsari dari Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menilai Pendiidkan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Lanjut mampu membantu guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah yang belum mendapatkan sentuhan pemerintah.

Diklat berjenjang merupakan salah satu program dari Kemendikbudristek.

"Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut ditujukan untuk guru PAUD di daerah-daerah yang masih belum tersentuh baik dari pihak pemerintah maupun swasta," kata Asih melalui keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Asih mengapresiasi langkah PT Askrindo (BUMN) mendukung program tersebut dengan menyelenggarakan Diklat Lanjut agar guru PAUD memiliki sertifikasi yang diakui dan terstandar.

Program ini diselenggarakan oleh Asuransi Askrindo, anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG), sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah para guru PAUD.

PAUD dipandang penting sebagai pondasi dalam untuk menanamkan karakter anak sejak dini untuk menyongsong generasi emas Indonesia.

"Kami berterima kasih dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Askrindo sampai sejauh ini, selain mendapatkan materi Diklat guru PAUD juga diberikan media penunjang pembelajaran berupa laptop," kata Asih.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu dari tanggal 18 Desember s/d 23 Desember 2023 dilaksanakan secara Luring tersistem.

Diklat ini merupakan Diklat Berjenjang pada Tingkat lanjut yang sebelumnya telah di laksanakan diklat dasar di tahun 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan penguasaan keterampilan dasar dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi berbasis internet dengan moda luring tersistem.

Direktur Utama Askrindo, Fankar Umran, mengatakan penyelenggaraan Diklat ini dilatarbelakangi oleh pendidikan guru PAUD yang 50 persen merupakan tamatan SMA sederajat.

"Kami melihat masih banyak guru PAUD, yang belum memahami secara utuh metode pembelajaran dan pola asuh bagi anak usia dini. Selain itu, melalui Diklat ini kami juga ingin memberikan wawasan yang lebih tepat tentang tahapan perkembangan anak usia dini, sehingga nantinya guru PAUD dapat memberikan pengajaran dengan tepat dan dapat diterima oleh anak-anak,” ucap Fankar.

Baca juga: Jadwal Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023, Lengkap dengan Cara Cek Hasil

Fankar menambahkan melalui Diklat ini para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Kemendikbudristek dan diharapkan menjadi sebuah pengakuan atas kualifikasi guru PAUD yang kompeten.

"Tidak dipungkiri guru PAUD merupakan sebuah profesi mulia, yaitu memberikan pengajaran, pendidikan yang paling dasar, pondasi bagi anak- anak nanti kedepannya. Oleh karena itu, kami disini ingin mewujudkan generasi emas Indonesia melalui guru PAUD yang juga memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni," tambah Fankar.

Edi Eko Cahyono, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, sepenuhnya mendukung pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut yang diselenggarakan oleh Askrindo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat