androidvodic.com

Tambah Empat Kelas Baru, UI Kini Punya 24 Smart Classroom, Ada Fasilitas Apa Saja? - News

Tambah Empat Kelas Baru, UI Kini Punya 24 Smart Classroom, Ada Fasilitas Apa Saja?

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melakukan penambahan 4 smart classroom atau ruang kelas pintar di Fakultas Teknik (FT).

Dengan penambahan ini, UI total memiliki 24 ruang kelas pintar.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro mengatakan bahwa ruang kelas pintar ini bukan cuma diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, tapi juga membuka pintu inklusivitas bagi berbagai kelompok mahasiswa.

"Smart Classroom mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dengan perangkat interaktif, mereka dapat berkolaborasi, berbagi ide, dan mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan dunia kerja modern," kata Prof Ari, dalam keterangannya, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Kemendikbudristek Tunjuk Kelas Pintar Jadi Mitra Pembangunan Implementasikan Kurikulum Merdeka 

Adapun ruang kelas pintar ini memiliki kapasitas tampung 40-60 mahasiswa, dirancang fleksibel untuk dapat disesuaikan dengan berbagai model perkuliahan.

Fasilitas yang tersedia diantaranya papan pintar interaktif, smart TV, poly studio, dan proyektor pintar yang punya berbagai fitur canggih guna mendukung pembelajaran secara luring maupun hibrid.

Dekan FTUI, Prof Heri Hermansyah menyampaikan ruang kelas pintar di fakultasnya bukan sekedar menawarkan teknologi canggih, tapi juga menjadi jembatan akses bagi mahasiswa memenuhi kebutuhan belajar.

"Tanpa perlu hadir secara langsung di kampus FTUI Depok, mahasiswa dari daerah-daerah 3T Indonesia dapat mengakses materi pembelajaran dengan lebih mudah," katanya.

Sebagai informasi, 4 ruang kelas pintar baru UI ini merupakan pemberian dari mitra donatur diantaranya PT Bank Mandiri, PT PP, dan Kamata Foundation.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat