androidvodic.com

Edukasi Hidup Bersih dan Sehat, 800 Sekolah Adopsi Modul AIA Healthiest School - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Upaya mendorong pola hidup sehat dan bersih di kalangan pelajar perlu diupayakan sejak dini oleh institusi pendidikan. Ini karena kesehatan menjadi salah satu indikator untuk mencapai pendidikan berkualitas.

Karenanya, pelibatan anak didik secara langsung pada pembiayaan budaya hidup sehat menjadi penting.

Program ini antara lain dijalankan melalui kegiatan AIA Healthiest School, berupa modul untuk mengedukasi pentingnya hidup bersih dan sehat untuk anak-anak sekolah.

Baca juga: Victoria Run 2023: Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Indonesia Melalui Olahraga Lari

Modul pembelajaran ini berfokus pada pengembangan empat pilar utama yaitu, makan sehat, gaya hidup aktif, kesehatan mental, serta sehat dan lestari. Modul ini disebarkan ke sekolah yang telah mengakses AIA Healthiest School.

Penerapan modul ini melibatkan para guru secara langsung dan sejak digulirkan pada 2023 oleh PT AIA Financial (AIA) modul ini telah diadopsi oleh 800 sekolah SD sampai SMP di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Head of Corporate Communications and Sustainability AIA, Lia Merdekawaty, penyediaan modul ini merupakan dukungan perusahaan pada Kampanye Sekolah Sehat yang diselenggarakan Kemendikbudristek RI untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebiasaan hidup sehat sejak usia dini.

"Menjaga kualitas kesehatan anak didik memainkan peran penting dalam mencapai pendidikan yang berkualita," ujarnya sembari berharap program ini dapat menciptakan ekosistem pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.

Untuk memberikan pemahaman terhadap gaya hidup sehat yang lebih mendalam di modul ini, dihadirkan Shannon Moloney, International development manager Tottenham Hotspur, di beberapa sekolah terpilih di Jakarta dan Tangerang.

Shannon memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga keseimbangan nutrisi sebagai langkah utama untuk menjaga pola hidup sehat.

Shannon juga mengajak para murid untuk menerapkan gaya hidup aktif melalui coaching clinic untuk menjaga kebugaran.

Selain di Indonesia, program AIA Healthiest School juga dijalankan di lima negara lainnya, yaitu Australia, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Hong Kong.

Menyertai kegiatan ini juga diselenggarakan kompetisi antar sekolah dengan hadiah total 100.000 dolar AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat