androidvodic.com

Peluang Kuliah di Inggris Raya Masih Terbuka, Yuk Raih Impian Dapat Beasiswa Seperti Riri Riza   - News

 Laporan Wartawan News Anita K Wardhani

 News, JAKARTA  - Minat pelajar Indonesia kuliah di luar negeri sangat tinggi.

Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada akhir tahun 2022 lalu mencatat bahwa mayoritas pelajar Indonesia lebih memilih melanjutkan pendidikan tinggi mereka di kawasan Eropa.

Tercatat ada 6 dari 10 universitas yang paling sering dipilih oleh mereka berada di Inggris Raya, seperti University College London (UCL), The University of Manchester, The University of Edinburgh, University of Leeds, University of Glasgow, University of Birmingham.

Nah, untuk meraih impian kuliah di Eropa, tak sedikit memanfaatkan  kemitraan LPDP dan program beasiswa Chevening Scholarship, Study in UK (SI-UK).

Beasiswa ini sudah dipilih mahasiswa untuk kuliah di Inggris Raya sejak 1983.

Program Beasiswa Chevening di Indonesia sendiri tercatat telah melahirkan hampir 2 ribu orang alumni dan beberapa dari mereka merupakan tokoh berpengaruh tanah air.

Baca juga: UNESCO Buka Beasiswa S1-S3 di Tiongkok, Pendaftaran Ditutup 4 Maret 2024

Sutradara, produser dan penulis skenario film Indonesia Riri Riza yang telah melahirkan berbagai film tanah air bergengsi seperti Petualangan Sherina, Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2) dan juga Laskar Pelangi adalah salah satu alumninya.

Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, Gianti Atmojo menyatakan, institusi pendidikan tinggi di Inggris Raya atau United Kingdom (UK) masih terbuka luas bagi pelajar Indonesia.

"Termasuk tawaran jalur beasiswa bergengsi (masih terbuka), guna meraih kesempatan masuk di kampus-kampus yang prestisius di UK," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, Study in UK (SI-UK) Indonesia terus menginspirasi para pelajar Indonesia yang bercita-cita menempuh pendidikan tinggi di UK dengan menciptakan peluang besar bagi mereka bisa diterima di universitas impian.

Saat ini, program Chevening Scholarship sedang berlangsung dan masuk tahap pengumuman untuk sesi wawancara dengan pelamar yang lolos verifikasi.

Rencananya, sesi wawancara mahasiswa dengan tim dari Chevening Scholarship dan British Embassy di Jakarta akan berlangsung pada 26 Februari 2024 hingga 26 April 2024.
Dalam kesempatannya, British Embassy Jakarta Scholarship dan Alumni Coordinator, Vonny Lisayani dari Program Beasiswa Chevening, memberikan apresiasi atas upaya Study in UK (SI-UK) Indonesia senantiasa memberikan konsultasi dengan pendekatan objektif serta informasi yang seimbang dalam membantu para pelajar membuat keputusan yang sesuai tujuan dan aspirasi mereka.

“Study in UK (SI-UK) Indonesia dan Chevening memiliki dedikasi yang sama dalam mendukung terbuka luasnyapeluang bagi pelajar Indonesia untuk dapat belajar di UK dan Irlandia. Kami sangat senang bisa menjadi bagian dalam gelaran acara Study in UK Expo 2024," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat