androidvodic.com

Rancang Kota Cerdas Dengan AI, Siswa BINUS SCHOOL Serpong Menangkan KIWI Challenge 2023 - News

News - Siswa-siswi BINUS SCHOOL Serpong kembali mengukir prestasi dengan menjadi pemenang Kompetisi Ide Wirausaha Indonesia (KIWI) Challenge 2023 untuk kategori People Choice Award. 

Kali ini tim BINUS SCHOOL Serpong, yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 11 yakni Althaf Keanendra Djajaprawira, Indira Niza Harllyn, Kalyla Jelita Adi, Theresia Marsha Marinska Patricia Ritonga, dan Kanaya Priscilla Cezario, berhasil memukau dewan juri dengan presentasi bisnis mereka mengenai kota cerdas yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI). 

Dalam kompetisi ini, tim BINUS SCHOOL Serpong membuat video yang mengangkat tema kecerdasan bantuan (AI) untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Melalui proyek bertajuk ‘Jalan Yuk,’, BINUS SCHOOL Serpong menghadirkan sebuah perangkat lunak dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Adapun tujuan dari proyek ini adalah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi tentang tempat-tempat wisata dan sarana transportasi umum. 

“Kami sangat bangga dengan pencapaian siswa siswi BINUS SCHOOL Serpong dalam acara KIWI Challenge 2023. Ini adalah tahun keempat siswa siswi kami mengikuti kompetisi ini. Dalam berkompetisi, sekolah terus menekankan untuk fokus terhadap proses kreativitas dan kerja sama tim. Menang dan kalah bukan tujuan kami, namun pengalaman dalam kompetisi inilah yang kami harapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa siswi kedepannya, hal ini juga menjadi kesempatan bagi siswa kami dalam menjelajahi cakrawala baru atau ‘Discover New Horizons’ dalam mengembangkan wawasannya.” Berdasarkan pernyataan yang diterima oleh Tribunnews. 

KIWI Challenge merupakan kompetisi wirausaha tahunan yang diselenggarakan oleh Education New Zealand Manapou ki te Ao (ENZ). Tahun ini bermitra dengan  Auckland University of Technology (AUT) sebagai tuan rumah kompetisi dan Kopi Tuli, sebuah komunitas tuli di Jakarta, kompetisi mengajak peserta untuk mengeluarkan ide-ide kreatif terkait pembangunan kota-kota cerdas yang meningkatkan keberlanjutan, menciptakan kesempatan untuk pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup

Tidak hanya menyajikan tantangan teknologi di kalangan pelajar SMA, kompetisi ini juga menginspirasi generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan kewirausahaan yang responsif terhadap isu-isu sosial.

Di bawah bimbingan BINUS SCHOOL Serpong, tim siswa berhasil merancang solusi inovatif yang tidak hanya memenangkan penghargaan, tetapi juga menginspirasi orang-orang dengan potensi teknologi untuk memberikan dampak positif pada masyarakat.

Raih juara lewat inovasi

Pencapaian gemilang BINUS SCHOOL Serpong berhasil mengulang prestasi yang sama dari tim sekolah swasta tersebut pada KIWI Challenge 2022. 

Pada gelaran sebelumnya, BINUS SCHOOL Serpong melahirkan ide 'Beyond borders' dengan berfokus pada pengembangan aplikasi perencanaan perjalanan yang merampingkan dan mempersonalisasi proses perencanaan perjalanan. Tim ini berhasil mensinkronisasi keterlibatan komunitas lokal dan inklusivitas di antara orang-orang dengan kemampuan yang berbeda.

Prestasi ini tak hanya menjadi pengakuan atas dedikasi dan kerja keras tim siswa, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa pendidikan berkualitas yang diberikan  BINUS SCHOOL Serpong mampu mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif, dan responsif terhadap perubahan.

Keberhasilan tim BINUS SCHOOL Serpong di ajang perlombaan antar SMA, khususnya dalam KIWI Challenge 2023 menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan kreatif dan berpikir inovatif. 

Dengan demikian, prestasi yang diraih oleh siswa-siswi BINUS SCHOOL Serpong dalam KIWI Challenge 2023 bukan hanya sebuah pencapaian bagi sekolah, tetapi juga sebuah inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat