androidvodic.com

Fajar Sidik Ingatkan Bahaya Plagiarisme, Ingatkan Pentingnya Percaya Diri pada Kemampuan Sendiri - News

Fajar Sidik Ingatkan Bahaya Plagiarisme, Ingatkan Pentingnya Percaya Diri dengan Kemampuan Sendiri

Willem Jonata/News

News - Dunia internet, khususnya media sosial memiliki banyak konten dan banyak juga yang menjadi viral. Content Creator-nya pun menjadi terkenal dalam waktu singkat. 

Hal ini tentu sangat menggiurkan dan menginspirasi banyak orang.

Tapi ada saja yang mencari jalan pintas dengan melakukan plagiarisme dengan harapan agar kontennya menarik perhatian hingga akhirnya viral.

"Harus diingat bahwa kalau terinspirasi itu boleh, tapi meniru 100 persen itu jangan,“ ujar Fajar Sidik, seorang produser podcast, dalam webinar Makin Cakap Digital 2024, Kamis (21/03/2024).

Fajar menjelaskan lebih lanjut kenapa kebiasaan menghindari plagiarisme itu sangat penting dilakukan oleh masyarakat digital.

Menurut dia, ada jutaan pengguna sosial media di Indonesia yang dapat berhubungan dengan jutaan orang lainnya secara bebas, namun harus diajak untuk membiasakan agar tidak asal copy-paste supaya bisa berlatih menjadi lebih kreatif.

"Percaya diri dengan kemampuan sendiri menjadi salah satu modal utama, selain harus rajin untuk melihat banyak konten lain yang menjadi viral," lanjutnya.

Sekali lagi ia menegaskan, jangan pernah meniru seratus persen konten orang lain karena bisa berdampak negatif bagi siapapun yang ingin menggeluti dunia konten.

"Bukan hanya dihujat, bisa saja akibat meniru 100 persen berujung dituntut oleh pemilik konten aslinya," kata dia.

Webinar Cakap Digital 2024 yang digelar Kemenkominfo berisikan pelatihan Literasi Digital sektor pendidikan dan menyasar segmen Pendidikan Maluku-Papua.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi di jenjang anak-anak dan remaja wilayah timur Indonesia terhadap media digital atau media sosial (medsos) yang dikenal dekat dengan keseharian masyarakat. 

Episode ke-5 Makin Cakap Digital 2024 mengambil tema ‘Jangan Asal Copy-Paste, Yuk Hindari Plagiarisme’.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat