androidvodic.com

10 Contoh Soal UTBK SNBT 2024 Pemahaman Bacaan dan Menulis, Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasan - News

News - Berikut ini contoh soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2024 materi Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Tes Pemahaman Bacaan dan Menulis bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami wacana tertulis dan menulis cerita dari level dasar sampai kompleks.

News telah merangkum 10 contoh soal UTBK SNBT 2024 Pemahaman Bacaan dan Menulis, dikutip dari Simulasi Tes UTBK SNBT yang disediakan Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Contoh soal UTBK SNBT 2024 Pemahaman Bacaan dan Menulis dalam artikel ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Contoh Soal UTBK SNBT 2024 Pemahaman Bacaan dan Menulis

1. Perhatikan teks berikut.

(1) Sekarang olahraga sangat diminati semua kalangan, baik pria maupun wanita. (2) Oleh karena itu, sepakbola juga tidak hanya diminati oleh kalangan pria, tetapi juga wanita. (3) Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masih membuka kegiatan tersebut untuk pria (siswa). (4) Wanita (siswi) perlu diberi kesempatan juga agar ada kesetaraan antarsiswa. (5) Untuk itu, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak perlu dilakukan.

Penulisan kata yang salah terdapat pada kalimat nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban: b

Pembahasan: Penulisan kata sepakbola salah, seharusnya dipisah (sepak bola). Penulisan tersebut berbeda dengan kata olahraga pada kalimat (1) yang harus ditulis serangkai.

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2-5.

(1) Apa itu pendidikan karakter? (2) Pendidikan karakter adalah usaha yang disengaja untuk mendidik dan berkembangnya karakter pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. (3) Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepribadian tertentu kepada peserta didik, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pengetahuan, kesadaran, motivasi, dan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. (4) Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik. (5) Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral. (6) Oleh karena itu, pendidikan karakter ….

(Diadaptasi dari: https://buku.kompas.com)

Baca juga: 10 Contoh Soal UTBK SNBT 2024 Literasi Bahasa Indonesia, Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasan

2. Kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya ….
a. dibiarkan saja (sudah benar)
b. diganti dengan berkaitan erat
c. diganti dengan berhubungan
d. didahului kata sangat
e. dihilangkan kata kaitannya

Jawaban: b

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat