androidvodic.com

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik Kurikulum 2013 - News

News - Simak Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik Kurikulum 2013 dalam artikel berikut ini.

Buku Tematik Tema 8 untuk SD kelas 5 SD Kurikulum 2013 ini merupakan edisi revisi 2017, berjudul Lingkungan Sahabat Kita.

Subtema 2 dalam Buku Tematik ini adalah Perubahan Lingkungan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik Kurikulum 2013 ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, alangkah baiknya siswa terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, baru gunakan artikel Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik Kurikulum 2013 untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Soal:

  • Ayo Bercerita

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri.

Gambar halaman 80 Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD
Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Jawab:

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Tradisi Rasulan ada di Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Rasulan atau bersih dusun ini dilakukan oleh para petani setelah masa panen. Waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan warga setiap dusun, tetapi biasanya sekitar bulan Juni atau Juli.

Tradisi ini dapat melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga. Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.

Kegiatan diawali dengan kerja bakti atau membersihkan lingkungan sekitar dusun. Semua warga bergotong royong memperbaiki jalan, membuat atau mengecat pagar pekarangan, serta membersihkan makam. Selanjutnya, disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan olahraga dan pertunjukan seni budaya.

Acara puncaknya terjadi saat diselenggarakannya kegiatan kirab. Kirab merupakan semacam karnaval atau arak-arakan mengelilingi desa dengan membawa tumpeng dan sajian berupa hasil panen seperti pisang, jagung, padi, sayur-mayur, dan hasil panen lainnya.

Setelah itu, warga melakukan doa bersama di balai dusun untuk memohon ketenteraman dan keselamatan seluruh warga. Acara dilanjutkan dengan kegiatan perebutan tumpeng yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 79 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik Kurikulum 2013

  • Ayo Renungkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat