androidvodic.com

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 134 Subtema 3 Pembelajaran 6 Buku Tematik Kurikulum 2013 - News

News - Simak Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 134 Buku Tematik Kurikulum 2013 dalam artikel ini.

Buku Tematik Tema 8 untuk SD kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini berjudul Lingkungan Sahabat Kita.

Untuk Subtema 3 dalam Buku Tematik ini berjudul Usaha Pelestarian Lingkungan dan Pembelajaran 6 di subtema 3 di halaman 132, 134, dan 135.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 134 Buku Tematik Kurikulum 2013 ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Soal:

  • Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

  1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks "Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016"?
  2. Keberagaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?
  3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?
  4. Baca juga: 30 Soal Ujian Sekolah PAI Kelas 6 SD Tahun 2024 dan Kunci Jawabannya

Jawab:

  1. Peristiwa yang terjadi pada teks "Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016" adalah pesta rakyat dalam rangka memperingati hari jadi kota Banyuwangi (Harjaba) ke 245 yang menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah.
  2. Keberagaman yang ditampilkan pada teks tersebut adalah berbagai seni budaya etnis dan suku yang ada di Banyuwangi, berbagai tradisi dan adat istiadat, tari daerah, pakaian adat daerah, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah, iringan musik tradisional.
  3. Sikap yang dapat kalian tiru dari teks tersebut adalah mempelajari berbagai adat istiadat dan kesenian daerah untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, serta sikap saling menghormati dan menghargai antar suku atau etnis yang ada sehingga timbul sikap kerukunan dalam usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Bacalah hasil diskusi di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016

Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah.

Festival Kuwung menampilkan beberapa keragaman budaya beragam etnis dan suku dalam rangkaian fragmen yang menarik. Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar. Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman, lalu penampilan suku Using yang menampilkan Sarine Kembang Bakung. Sementara itu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya. Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga tidak ketinggalan atraksi Ogoh-Ogoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.

Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa. Sebelumnya Festival Kuwung juga dimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang menampilkan tari Kipas.

*) Disclaimer:

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat