androidvodic.com

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 K13, Peristiwa Perjuangan-Pemberontakan, Tugas Kelompok 6.2 - News

News - Kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 Semester 2, uraian singkat peristiwa perjuangan dan pemberontakan, Tugas Kelompok 6.2.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 Semester 2, terdapat buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Kelas IX SMP Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018, Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 Kurikulum 2013 Semester 2 soal uraian singkat peristiwa perjuangan dan pemberontakan, Tugas Kelompok 6.2.

Kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 Kurikulum 2013 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 161 K13 Semester 2

Tugas Kelompok 6.2

1. Uraian di atas menjelaskan secara singkat perjuangan isik yang dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Nah, agar pengetahuan dan pemahaman kalian semakin lengkap, coba kalian baca sumber belajar lain. Kemudian, cari peristiwa perjuangan fisik lainnya yang dilakukan oleh rakyat Indonesia.

Kunci Jawaban:

1. Peristiwa Perjuangan: Pertempuran 10 November 1945

Uraian Singkat Perjuangan:

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalah sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

2. Peristiwa Perjuangan: Pertempuran Ambarawa

Uraian Singkat Perjuangan:

Baca juga: 55 Soal US PKN Kelas 9 SMP/MTs 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban Ujian Sekolah

Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal 20 November sampai 15 Desember 1945 antara pasukan TKR melawan pasukan Sekutu. Insiden bersenjata mulai timbul di Magelang dan meluas menjadi pertempuran ketika tentara Sekutu dan NICA membebaskan secara sepihak para interniran Belanda di Magelang dan Ambarawa. Insiden ini berakhir pada tanggal 2 November 1945 setelah dilakukan perundingan antara Presiden Soekarno dan Brigadir Jenderal Bethel di Magelang.

3. Peristiwa Perjuangan: Pertempuran Lima Hari di Semarang

Uraian Singkat Perjuangan:

Pertempuran Lima Hari adalah serangkaian pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Jepang di Semarang pada masa transisi kekuasaan ke Belanda yang terjadi pada tanggal 15-19 Oktober 1945. Dua penyebab utama pertempuran ini adalah karena larinya tentara Jepang dan tewasnya Dr. Kariadi.

Cover buku paket PKN kelas 9 SMP/MTs.
Cover buku paket PKN kelas 9 SMP/MTs. (kemdikbud)

4. Peristiwa Perjuangan: Pertempuran Medan Area

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat