androidvodic.com

MBKM EXPO UT 2024: Eksplorasi Ilmu Tanpa Batas Wujudkan Generasi Emas di Era Digital - News

News - Presiden Republik Indonesia mengungkapkan terdapat 4 (empat) strategi pembangunan SDM unggul yaitu sejak dalam kandungan, pembangunan karakter, pendidikan dan keterampilan dalam upaya untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. 

Untuk mewujudkan visi tersebut, pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berkomitmen mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas guna memimpin negara di era digital.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menginisiasi program yang disebut "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" (MBKM). MBKM dijalankan untuk mempersiapkan semua mahasiswa agar dapat mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke lapangan. 

Lebih lanjut, MBKM bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan baik dari segi soft skill maupun hard skill agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul, tangguh, dan berkepribadian. 

Program MBKM mencakup berbagai jenis kegiatan seperti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Kewirausahaan.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia, dan juga merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sejak tahun 2022 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2022, Universitas Terbuka (UT) turut melaksanakan program MBKM. 

UT yang menjalankan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) sebagai bagian dari upaya pemerataan pendidikan di Indonesia menunjukkan komitmen dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi berkualitas dan berdaya saing global. Implementasi program MBKM pun telah dilakukan di UT sejak tahun 2020.

MBKM Expo Kenalkan Potensi Program MBKM

UT meluncurkan MBKM Expo sebagai wujud nyata komitmennya dalam menyelenggarakan program MBKM untuk menggali ilmu pengetahuan oleh seluruh civitas akademika UT, khususnya para mahasiswa

MBKM Expo bertujuan menjadi sarana sosialisasi dan wadah untuk menyebarkan hasil karya mahasiswa yang akan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam program MBKM. Tema MBKM Expo UT adalah "Eksplorasi Ilmu Tanpa Batas", dipilih karena program MBKM sangat sesuai untuk mahasiswa menjelajahi ilmu sesuai minat, bakat, dan potensi mereka untuk mendukung karier di masa depan. 

Bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) MBKM Expo akan diselenggarakan dan disiarkan langsung secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming pada Senin, (29/04). 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa UT yang memenuhi syarat untuk MBKM dari UT Bogor, UT Serang, dan UT Jakarta, serta secara daring oleh mahasiswa UT yang memenuhi syarat menjadi peserta MBKM (semester 4 dan 5 dari 4 Fakultas). Acara juga dihadiri oleh alumni MBKM UT tahun 2021-2023, dosen dan staf UT, serta mitra MBKM UT.

Acara MBKM Expo dimulai dengan sesi pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Dr. Kartono, S.Pd., M.Si., Ketua Program MBKM UT, dan arahan dari Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. 

“Salah satu tujuan dilaksanakannya MBKM adalah menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi serta meningkatkan kompetensi mahasiswa terkait kebutuhan zaman,” ujar Kartono.

Pada tahun 2023, Mahasiswa UT yang mengikuti MBKM sebanyak 18778 orang mahasiswa yang terdiri dari MBKM flagship seperti MSIB 94 orang, IISMA sebanyak 93 orang, kampus mengajar 25 orang, PMM sebanyak 26 orang, dan yang lainnya.

Untuk MBKM Mandiri UT yang diprakarsai oleh program studi, diantaranya Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Agribisnis, dan Prodi Perencanaan Wilayah Kota (PWK) yang telah mendapatkan hibah dari pemerintah berupa akselerasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan.

Baca juga: Pegang Peranan Penting pada Pendidikan Jarak Jauh, UT Tindak Tegas Segala Bentuk Kecurangan Akademik

MBKM EXPO Talkshow Bekali Mahasiswa

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., yang juga membuka acara MBKM Expo.

”Program MBKM merupakan terobosan untuk memfasilitasi ruang belajar baru bagi mahasiswa UT demi menghadapi tantangan di era industri 4.0. UT sangat mendukung program MBKM sebagai hak belajar mahasiswa di luar prodi melalui kesempatan belajar bersama industri secara langsung,” ujar Yunus.

Lebih lanjut, Yunus menyampaikan bahwa MBKM dapat menggali potensi, keterampilan, kemampuan berpikir kritis, analisis, serta kreativitas mahasiswa

Sesi Talkshow MBKM Expo dihadiri oleh tiga narasumber: Kurnia Endah Riana, S.E., M.Com., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UT; Asri Ardila Putri, S.Sos., M.Si., Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan Kampus Mengajar; serta Dr. Wachyu Hari Haji, MPM., CHRA, Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

“MBKM tak hanya menjadi wadah untuk mahasiswa dalam mengeksplorasi kemampuan di luar kampus, melainkan dapat dikonversikan ke dalam mata kuliah (SKS),” ujar Riana.

Sebagai wadah untuk membekali mahasiswa terkait persiapan untuk mengikuti MBKM, MBKM EXPO 2024 merupakan bagian dari Program EQUITY (ENHANCING QUALITY EDUCATION FOR INTERNATIONAL UNIVERSITY RECOGNITION) dengan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

MBKM berfokus untuk memberikan hak belajar kepada mahasiswa sarjana dan sarjana terapan selama tiga semester di luar program studi mereka. Selain itu, MBKM juga bertujuan mewujudkan proses pembelajaran yang otonom dan fleksibel di perguruan tinggi agar mereka dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif sehingga mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang optimal meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan juga Soft Launching Portal MBKM UT yang bisa diakses oleh mahasiswa dengan link mbkm.ut.ac.id. Harapannya, portal ini memberikan pemahaman dan informasi lengkap kepada mahasiswa tentang program MBKM di UT.

Setelah kegiatan Soft Launching Portal MBKM UT, mahasiswa alumni dari setiap program MBKM UT, yang membagikan ceritanya melakukan MBKM di Sharing Session. Adapun, sesi ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa UT lainnya agar mau berpartisipasi pada program MBKM UT.

Dengan adanya MBKM Expo UT dan Soft Launching Portal MBKM UT, ke depannya makin banyak bermunculan anak-anak bangsa generasi emas dari almamater UT yang makin inovatif, kreatif, tangguh, serta kompetitif di era digital. Tentunya kegiatan tersebut secara tidak langsung turut memberikan sumbangsih kepada negeri tercinta untuk menjadi Indonesia makin maju dan bermartabat.

Baca juga: Kembangkan Standar Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh se-ASEAN, UT jadi Tuan Rumah OU5 Meeting

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat