androidvodic.com

Generasi Muda Diajak Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Urban Farming - News

News, JAKARTA - Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), PT East-West Seed Indonesia (Ewindo) menggelar kegiatan “Urban Farming Goes to School” untuk memberikan pengalaman mudahnya bercocok tanam bagi generasi masa depan bangsa.

Kegiatan ini sekaligus mengedukasi tentang pentingnya konsumsi sayuran bagi kesehatan.

Kegiatan ini menggandeng SMP Negeri 4 Curug, Tangerang, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Curug Purwaningsih, dan Corporate Relations & Communication Manager Ewindo Baskoro Adiwiyono.

Baca juga: Mahasiswa UT Jakarta Sulap Sampah di TPA Bantar Gebang Jadi Eco-Urban Farming

Baskoro mengatakan, aktivitas bertani sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, dan di mana saja.  

Kali ini, dilakukan menanam kembang kol di kawasan perkotaan (urban farming) yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan, dimulai dari lingkungan tempat belajar dan tinggal mereka masing-masing. 

"Tanaman produktif yang dipilih pun juga merupakan bagian dari upaya edukasi akan pentingnya konsumsi sayuran bagi kesehatan, karena kembang kol memiliki kandungan antioksidan dan juga memenuhi kebutuhan serat,“ ujar Baskoro ditulis Kamis (2/5/2024).

Sekitar 760 siswa-siswi SMPN 4 Curug ikut serta dalam kegiatan Urban Farming Goes to School, di mana benih kembang kol yang telah ditanam hari ini dibawa pulang oleh setiap anak untuk ditanam di rumahnya masing-masing. 

Untuk mengupayakan agar benih kembang kol yang ditanam bisa tumbuh sesuai dengan harapan, Ewindo bekerja sama dengan pihak sekolah juga menyertakan booklet digital panduan ringkas budidaya kembang kol LARISSA F1, varietas kembang kol yang cocok untuk dataran rendah sehingga sesuai dengan karakteristik lahan untuk urban farming pada umumnya.

“Dengan membawa pulang benih kembang kol yang telah ditanam dalam pot, kami ingin agar setiap siswa SMPN 4 Curug bisa mengajak setiap anggota keluarganya di rumah bersenang-senang dalam aktivitas merawat tanaman bersama," papar Baskoro.
  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat