androidvodic.com

Program Pertukaran Pelajar Internasional Jadi Langkah Kritikal Perluas Wawasan Global - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kerja sama internasional antar sekolah Indonesia dengan luar negeri membuka jalan bagi perluasan wawasan global para pelajar.

Chairman of the Board Sinarmas World Academy (SWA), Anton Mailoa, mengatakan pihaknya telah menjalin Kemitraan Pendidikan dengan Peking University (PKU).

Di era global saat ini, Anton mengatakan Lembaga pendidikan harus berani terus berinovasi dan bertransformasi.

“Perkembangan pendidikan di Indonesia dan China sangat mengesankan, karena itu kemitraan SWA dan PKU menjadi salah satu faktor penting bagi kedua institusi untuk bertukar best practices yang sejalan dengan visi bersama untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul,” ujar Anton melalui keterangan tertulis, Senin (6/5/2024).

Kemitraan yang telah terjalin sejak 2011, kata Anton, terus berkembang dan meluncurkan Program Pertukaran Pelajar pada 2013 yang mengagendakan siswa-siswi dari SWA dan PKU ES untuk saling mengunjungi serta mengikuti program secara intensif.

Dilaksanakan pada 29 April-3 Mei 2024, puluhan siswa-siswi sekolah dasar PKU ES didampingi Chairwoman dan beberapa guru mengunjungi SWA dan terlibat dalam berbagai aktivitas sosial, pendidikan, bahkan lingkungan.

Sejalan dengan prinsip Pendidikan Holistik yang dianut SWA, Program Pertukaran Pelajar ini bertujuan membangun rasa hormat dan mengembangkan pemahaman budaya antar negara serta meningkatkan pembelajaran yang kolaboratif.

“Mengunjungi SWA memberikan pengalaman yang tak ternilai bagi kami dan siswa-siswi kami. Kami sangat yakin dan terkesan dengan kualitas pendidikan internasional di SWA yang mendorong murid untuk berpikir kritis dan kreatif, berkolaborasi, serta menunjukkan tindakan nyata bagi komunitas,” ujar Chairwoman of Peking University Elementary School (PKU ES), Wang Tian Miao.

Program Pertukaran Pelajar PKU ES ke SWA diisi dengan ragam aktivitas seperti kelas sains interaktif, melukis batik tradisional Indonesia, study trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pameran seni dan kaligrafi bersama, serta kunjungan industri ke Indah Kiat Paper Mills yang memproduksi pulp, kertas, dan tisu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat