androidvodic.com

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 99 dan 100 Kurikulum Merdeka, Aktivitas 3.10 - News

News - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 99 dan 100 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut tercantum dalam Bab 3 yang berjudul Struktur Atom Fakta di Balik Materi.

Pada halaman 99-100, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Aktivitas 3.10 Ayo Identifikasi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 99 dan 100 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 3.10 Ayo Identifikasi

1. Berdasarkan Gambar 3.23, diskusikan dalam kelompok bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode dan satu golongan.

Jawaban: Berdasarkan Gambar 3.23, kecenderungan jari-jari atom pada unsurunsur dalam satu periode akan makin kecil karena bertambahnya nomor atom.

Alasannya, meskipun jumlah kulit atomnya sama tetapi bertambahnya nomor atom menunjukkan jumlah proton juga bertambah.

Proton bermuatan positif dan terdapat dalam inti atom. Gaya tarik menarik inti atom terhadap elektron valensi yang bermuatan negatif menjadi lebih kuat sehingga jari-jari atom menjadi lebih pendek.

Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu golongan adalah makin besar karena bertambahnya kulit atom. Kulit atom yang lebih banyak akan menambah panjang jarak antara inti atom terhadap elektron valensi.

2. Cermati Tabel 3.7 tentang data jari-jari atom unsur periode ketiga dan unsur golongan VA.

a. Mengapa dalam satu periode, dari kiri ke kanan, jari-jari atomnya bertambah pendek, sementara dalam satu golongan, dari atas ke bawah, jari-jari atomnya bertambah panjang?

Jawaban: Penjelasan bahwa dalam satu periode, jari-jari atomnya bertambah kecil, sementara satu golongan jari-jari atom bertambah besar sudah dijawab pada nomor 1.

b. Berdasarkan Tabel 3.7, buatlah graik hubungan letak unsur pada periode sebagai sumbu x terhadap jari-jari atom unsur dalam satuan pikometer (pm) sebagai sumbu y.

c. Berdasarkan Tabel 3.7, buatlah graik hubungan letak unsur pada golongan sebagai sumbu x terhadap jari-jari atom unsur dalam satuan pikometer (pm) sebagai sumbu y.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat