androidvodic.com

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 112 Kurikulum Merdeka, Proyek Akhir Bab - News

News - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 112 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut tercantum dalam Bab 3 yang berjudul Struktur Atom Fakta di Balik Materi.

Pada halaman 112, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Proyek Akhir Bab.

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 12 Kurikulum Merdeka

Proyek Akhir Bab

Analisis artikel tersebut lalu berdiskusilah dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

2. Apakah yang dimaksud dengan LTJ?

Jawaban: LTJ (logam tanah jarang) adalah kelompok logam pada tabel periodik unsur yang terdapat pada golongan transisi. Logam tanah jarang terdiri atas unsur-unsur lantanida ditambah skandium dan yttrium. Di alam, unsur-unsur ini dijumpai dalam wujud mineral.

3. Berilah contoh-contoh LTJ!

Jawaban: Ada 17 unsur LTJ, yaitu scandium (Sc), Yttrium (Y), lantanum (La), cerium (Ce), praseodimium (Pr), neodimium (Nd), prometium (Pm), samarium (Sm), europium (Eu), gadolinium (Gd), terbium (Tb), disprosium (Dy), holmium (Ho), erbium (Er), thulium (Tm), Ytterbium (Yb), dan lutetium (Lu).

4. Identiikasi posisi LTJ pada tabel sistem periodik unsur!

Jawaban: Posisi LTJ pada tabel sistem periodik unsur terletak pada golongan transisi (lantanida).

5. Bagaimana sifat keperiodikan unsur pada LTJ?

Jawaban: Karena terletak pada periode ke-6 maka jari-jari atom cenderung panjang, energi ionisasi kecil, serta ainitas elektron dan kelektronegatifan kecil.

6. Pilihlah salah satu unsur LTJ lalu identiikasi partikel subatomiknya serta pemanfatannya dalam nanoteknologi. Carilah informasi terlebih dahulu tentang pengertian nanoteknologi!

Jawaban: Lantanum (La) adalah salah satu LTJ dengan nomor atom 57 dan nomor massa 139. Jumlah proton sama dengan elektronnya, yaitu 57. Jumlah neutronnya adalah 139 – 57, yaitu 82. Salah satu kegunaan lantanum adalah sebagai lampu studio dalam industri perilman.

Disclaimer:

Artikel ini hanya ditujukan untuk memandu proses siswa.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(News, Widya)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat