androidvodic.com

Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024: Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Seleksi - News

News - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru program S1 dan D3 melalui seleksi mandiri prestasi tahun 2024.

Seleksi mandiri prestasi Unnes 2024 diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi nonakademik di sekolah, di antaranya kejuaraan olahraga, seni, sains, dan prestasi keagamaan seperti hafidz Qur’an.

Pendaftaran seleksi mandiri prestasi Unnes 2024 masih dibuka hingga 28 Juni 2024 melalui laman https://sm.unnes.ac.id/login.

Biaya pendaftaran seleksi mandiri prestasi Unnes 2024 berbeda untuk setiap pilihan program studi, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp350 ribu.

Selengkapnya, simak informasi persyaratan, cara daftar, biaya pendaftaran, dan jadwal seleksi mandiri prestasi Unnes 2024 di bawah ini.

Persyaratan Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024

Syarat Umum:

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun seleksi terdaftar aktif di kelas XII/XIII yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah dengan foto yang dibubuhi cap/stempel basah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi dan akan dievaluasi tim evaluator setiap periode tertentu yang dibubuhi materai/e-materai Rp 10.000.
  4. Calon mahasiswa belum diterima di UNNES melalui jalur seleksi sebelumnya

Syarat Khusus:

Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

  • Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh sertifikat, piala, atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan maupun tim atau beregu yang diselenggarakan oleh KONI, Kementerian (POPDA atau O2SN), atau cabang olahraga dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi, dan media pembelajaran. juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
  • Juara olimpiade yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
  • Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya.
  • Prestasi kejuaraan lain yang terdaftar pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.
  • Calon mahasiswa yang pernah menjadi Ketua/Wakil Ketua/Sekretaris OSIS mendapatkan nilai tambahan jika memiliki prestasi pada huruf a sampai h.
  • Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024

  • Pilihan program studi Sosial Humaniora/Sains Teknologi: Rp 300.000
  • Pilihan program studi Sosial Humaniora dan Sains Teknologi: Rp 350.000
  • Ujian Keterampilan (bagi prodi seni dan olahraga): Rp 150.000

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024

  1. Buka laman https://sm.unnes.ac.id/login;
  2. Isi biodata;
  3. Isi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh kode Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2024;
  4. Pilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah;
  5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil dengan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA) BNI. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking;
  6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, isi nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi.
  7. Unggah: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh.
  8. Isi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki;
  9. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah dokumen portofolio sesuai dengan ketentuan;
  10. Cetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri;
  11. Cetak dan tandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi;

Tahapan dan Jadwal Seleksi Mandiri Prestasi Unnes 2024

  • Pendaftaran Online: 27 Maret - 28 Juni 2024 pukul 16.00 WIB
  • Pembayaran Pendaftaran: 27 Maret - 28 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Pelaksanaan Seleksi Dokumen Prestasi oleh Tim UNNES: 29 - 30 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I: 2 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer secara Offline di UNNES: 3 Juli 2024
  • Pelaksanaan Tes Wawancara secara Offline di UNNES: 3 Juli 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 4 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Masa Registrasi Administratif: 5 - 9 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Kuliah Perdana: 19 Agustus 2024

Informasi lebih lanjut mengenai seleksi mandiri prestasi Unnes 2024, klik di sini.

(News/Nurkhasanah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat