androidvodic.com

Kemenag Buka Seleksi Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024, Ini Syaratnya - News

News - Kementerian Agama (Kemenag) telah membuka pendaftaran seleksi uji kompetensi bagi calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024.

Pendaftaran seleksi Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dibuka mulai dari 14 hingga 24 Mei 2024.

Bagi kamu yang ingin mendaftar seleksi Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dapat secara online melalui laman https://registrasi.pusiba.com/.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, mengatakan uji kompetensi ini sengaja digelar lebih awal sebelum pendaftaran dari universitas Al-Azhar Mesir dibuka.

“Pendaftaran calon mahasiswa baru di Universitas Al-Azhar Mesir biasanya dibuka pada Agustus hingga Oktober 2024. Untuk itu, kami lebih awal menggelar uji kompetensi," kata Abu Rokhmad, dikutip dari laman resmi Kemenag.

Ia juga menjelaskan, bahwa uji kompetensi ini menjadi syarat utama untuk mengikuti perkuliahan di Universitas Al-Azhar Mesir.

Adapun materi uji kompetensi ini terdiri dari placement test (tahdîd mustawâ) dan matrikulasi bahasa.

Uji kompetensi ini, hanya diperuntukkan untuk ulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang berminat kuliah di Universitas Al-Azhar.

“Kami memberikan kesempatan kepada lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk meraih pendidikan tinggi di Al-Azhar, baik melalui jalur beasiswa maupun non-beasiswa, dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” terangnya.

Nantinya, bagi peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi akan mendapatkan rekomendasi studi dari Kementerian Agama, baik melalui jalur beasiswa maupun non-beasiswa.

Setiap tahunnya, Universitas Al-Azhar memberikan kuota bagi warga Indonesia untuk mendapatkan beasiswa sebanyak 20 peserta.

Sehingga hanya 20 peserta yang akan mendapatkan beasiswa ini.

Baca juga: Penerimaan Beasiswa Pemerintah Maroko 2024 Dibuka Kembali, Pendaftaran Ditutup 20 Mei

“Sebanyak 20 peserta terbaik berdasarkan hasil uji kompetensi akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa penuh Al-Azhar tahun 2024-2025,” jelas Abu Rokhmad.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki ijazah Madrasah Aliyah, atau Pendidikan Diniyah Formal Ulya, atau Satuan Pendidikan Muadalah, atau sederajat dari pondok pesantren yang telah terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama RI
  • Ijazah yang diterima untuk pendaftaran adalah ijazah yang pada tahun 2024 ini tidak melebihi batas 3 (tiga) tahun sejak tanggal dikeluarkan
  • Memiliki kompetensi Bahasa Arab dan penguasaan ilmu-ilmu keislaman
  • Memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan wawasan moderasi beragama

Jadwal Pendaftaran

  • Pendaftaran Seleksi: 14 - 24 Mei 2024
  • Penjelasan Teknis Uji Kompetensi: 25 Mei 2024
  • Uji Kompetensi Bahasa oleh MSZ Kairo: 27 - 29 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Bahasa: 4 Juni 2024
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 6 - 7 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Akhir: 11 Juni 2024

(News/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Beasiswa Kemenag

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat