androidvodic.com

UT Jadi Tuan Rumah NUDC 2024: Upaya Mencetak Talenta Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045 - News

News - Universitas Terbuka (UT) mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan National University Debating Championship (NUDC) 2024. Kompetisi debat ini sudah berlangsung sejak tahun 2008 dan setiap tahunnya menghasilkan delegasi Indonesia untuk untuk World Universities Debating Championship (WUDC). 

Sebagai ajang debat nasional, NUDC merupakan bagian dari upaya pembinaan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya.

NUDC 2024 telah resmi dibuka oleh Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangerang Selatan, Senin (27/5/2024) dan akan berlangsung hingga 2 Juni 2024 mendatang. 

Ojat Darojat menyampaikan rasa bangganya atas amanah yang diberikan kepada UT untuk dapat menyelenggarakan kompetisi debat berskala nasional ini. Dia berharap ajang ini dapat menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk melatih kemampuan critical thinking yang sangat dibutuhkan di abad ke-21. 

“Alhamdulillah UT diberikan amanah sebagai tuan rumah National University Debating Championship (NUDC). Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh kementerian, terutama di bawah koordinasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Dengan kompetisi ini kami berharap dapat mengembangkan minat serta bakat para mahasiswa kita, terutama untuk melatih kemampuan berpikir, yang memang critical thinking sangatlah dibutuhkan di abad 21 ini,” ucap Ojat Darojat kepada media. 

Baca juga: UT Rayakan Dies Natalis ke-40, Tak Gentar Perluas Akses Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah

Dorong talenta berkualitas nan unggul untuk Indonesia Emas 2045

Pada tahun 2024 ini, NUDC mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, diharapkan para peserta tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement dan meyakinkan publik. 

Ojat kemudian menambahkan bahwa sebagai penyelenggara NUDC 2024, besar harapan UT agar rangkaian kegiatan ini dapat berkontribusi nyata untuk upaya menuju Indonesia Emas 2045.

“Mudah-mudahan ini merupakan rangkaian acara atau program yang bisa berkontribusi terhadap upaya bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” tambah Ojat. 

Dalam kompetisi debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa pernyataan mereka benar dan tepat. 

Kompetisi debat menjadi ajang yang seyogianya diselenggarakan oleh berbagai institusi pendidikan di Indonesia, karena dapat melatih dan mengembangkan kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa. 

Maka itulah, penyelenggaraan NUDC 2024 merupakan momentum berharga bagi para mahasiswa UT dan seluruh universitas yang berpartisipasi untuk berpacu dan berprestasi. 

Prof Ojat Darojat juga menyampaikan NUDC 2024 ini bisa menjadi pemantik kepekaan para mahasiswa terhadap berbagai permasalahan nyata di kehidupan bermasyarakat. 

"Ajang Talenta NUDC 2024 ini tentunya menjadi pemantik bagi para mahasiswa untuk berpacu dan berprestasi sebagai upaya mencetak talenta muda yang berkualitas unggul, berdaya saing, berintegritas, dan peka terhadap permasalahan nyata di kehidupan bermasyarakat baik dalam lingkup nasional maupun global," pungkas Prof. Ojat.

Baca juga: Menuju Indonesia Emas, UT Gelar Kembali Sidang Promosi Doktor

Pada kesempatan yang sama, Rahmat Budiman selaku Ketua Panitia Penyelenggara NUDC 2024 sekaligus Plt Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT, menyampaikan terdapat keistimewaan dalam pelaksanaan NUDC 2024 di UT, salah satunya adalah kehadiran maskot bernama GUTSY, yang merupakan singkatan dari Garuda Universitas Terbuka Shaping You. 

“Garuda melambangkan rasa kebanggaan yang merepresentasikan Universitas Terbuka yang mahasiswanya tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Garuda juga melambangkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan disiplin serta nilai-nilai yang diharapkan dapat teman-teman mahasiswa junjung dalam NUDC 2024 ini,” ungkap Rahmat.

Pembukaan NUDC 2024 yang diselenggarakan secara luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada Senin (27/5/2024) ini dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, Ketua Panitia NUDC 2024 Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. dan Kepala Pusat Prestasi Nasional, Maria V. Irene Herdjiono. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat