androidvodic.com

Jawaban, Proses Regulasi Diri Saat Kegiatan Belajar Berlangsung Disebut? Soal PMM 2024 - News

News - Proses regulasi diri saat kegiatan belajar berlangsung disebut? Berikut ini contoh jawaban Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika mengisi latihan Pemahaman Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban mengenai refleksi diri saat Bapak/Ibu Guru mengajar di kelas.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Refleksi Diri

Proses regulasi diri saat kegiatan belajar berlangsung disebut?

Jawaban:

Proses regulasi diri saat kegiatan belajar berlangsung disebut sebagai "self-regulated learning" atau pembelajaran yang diatur oleh diri sendiri.

Hal ini mencakup berbagai strategi dan proses yang digunakan individu untuk mengatur, mengawasi, dan menilai pembelajaran mereka sendiri, termasuk pemantauan progres, pengaturan tujuan, pengaturan waktu, penggunaan strategi belajar yang efektif, dan refleksi terhadap pengalaman belajar.

Contoh regulasi diri yang bisa dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru:

Baca juga: Jawaban PMM, Salah Satu Perubahan Struktur Kurikulum pada Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP Adalah

  • Menetapkan tujuan dalam pembelajaran, misalnya menetapkan jangka waktu menyelesaikan bab tertentu
  • Memantau progres mengajar dengan membuat checklist atau mengisi jurnal progres
  • Membuat jadwal belajar yang efektif dengan menentukan kapan dan di mana belajar akan dilakukan
  • Memilih dan menerapkan strategi belajar yang efektif untuk mencapai tujuan belajar, misalnya menggunakan peta konsep, ringkasan materi, atau latihan soal
  • Mengelola emosi yang muncul selama pembelajaran, seperti kecemasan atau frustrasi
  • Merefleksikan pengalaman belajar untuk memahami apa yang telah dipelajari dan bagaimana meningkatkan proses belajar di masa mendatang
  • Menerima umpan balik dari diri sendiri atau orang lain terkait dengan kinerja belajar.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat