androidvodic.com

Jawaban, Pernyataan Manakah yang Paling Tepat untuk Pembelajaran Berdeferensiasi? Soal PMM - News

News - Pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdeferensiasi? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika mengisi Cerita Reflektif Modul 2 Berdeferensiasi di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk memilih jawaban dari pilihan A, B, C, D, E yang disediakan.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Berdeferensiasi

Pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdeferensiasi?

A. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

B. Setiap anak memiliki kemampuan berbeda, sehingga pembelajaran harus dibuat secara individual berdasarkan pengetahuan awal setiap murid

C. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar standar kurikulum dapat disesuaikan dengan kecepatan murid dalam mencapai standar kurikulum.

D. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi untuk merespon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran.

E. Pembelajaran berdiferensiasi dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang tingkat pemahamannya lebih tinggi dari yang lainnya.

Jawaban:

Baca juga: Jawaban Apa 3 Tantangan Paling Sulit yang akan Anda Hadapi Dalam Melakukan Perubahan Tersebut di PMM

A. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Penjelasan:

Hal ini diperlukan karena diferensiasi dapat bermanfaat untuk:

  • Memenuhi kebutuhan individu karena setiap murid belajar dengan cara yang berbeda dan memiliki tingkat pemahaman yang beragam
  • Mengakomodasi tingkat kemampuan yang beragam karena setiap murid memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda
  • Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi, tingkat kesulitan, dan gaya pengajaran agar sesuai dengan tingkat kemampuan individu murid
  • Mendorong motivasi dan keterlibatan murid sesuai minat dan kebutuhan mereka
  • Membangun keterampilan hidup untuk beradaptasi dalam pemecahan masalah sesuai kemampuan masing-masing
  • Mendorong keberagaman dalam perspektif dan pengalaman yang berbeda dari setiap murid.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat