androidvodic.com

Jawaban, Apa yang Berbeda Antara Kegiatan Mengajar Anda dan Pembelajaran Projek Profil? Soal PMM - News

News - Menurut Anda, apa yang berbeda antara kegiatan belajar mengajar yang selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika mengisi Cerita Reflektif dalam Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban sesuai dengan kondisi Bapak/Ibu Guru ketika mengajar.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Cerita Reflektif

Menurut Anda, apa yang berbeda antara kegiatan belajar mengajar yang selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil?

Jawaban:

1. Tujuan Pembelajaran yang Berbeda

Dalam kegiatan belajar mengajar tradisional, tujuan pembelajaran biasanya terfokus pada pemahaman konsep dan peningkatan pengetahuan siswa.

Sementara dalam desain alur pembelajaran projek profil, tujuan pembelajaran lebih berorientasi pada pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai tertentu, seperti kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kerjasama tim, atau kepemimpinan.

Baca juga: Jawaban PMM Post Test Modul 2, Ibu Ani Menemukan Banyak Murid yang Masih Belum Paham Sama Sekali

2. Metode Pembelajaran yang Berbeda

Dalam pendekatan belajar mengajar tradisional, metode pembelajaran yang umumnya digunakan mencakup ceramah, diskusi kelas, dan latihan-latihan individu.

Sedangkan, dalam desain alur pembelajaran projek profil, metode pembelajaran lebih beragam dan sering melibatkan proyek-proyek yang mendorong siswa untuk berkolaborasi, menciptakan sesuatu, atau menyelesaikan tugas-tugas praktis yang relevan dengan pengembangan profil yang diinginkan.

3. Peran Guru yang Berbeda

Dalam kegiatan belajar mengajar tradisional, peran guru cenderung lebih dominan sebagai pengajar yang mentransfer pengetahuan kepada siswa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat