androidvodic.com

Jawaban, Di Bawah Ini Karakteristik Penting yang Harus Diperhatikan saat Menggali Ide, Soal PMM - News

News - Di bawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal Post Test Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 1 Kreativitas di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk memilih pilihan jawaban A, B, C, D yang tersedia.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

A. Latihan Pemahaman

Dibawah ini adalah karakteristik penting yang harus diperhatikan saat menggali ide sebanyak-banyaknya atau berpikir divergen, kecuali...

A. Fluency

B. Originality

C. Simplicity

D. Flexibility

Jawaban: Simplicity.

Baca juga: Evaluasi Apa yang Anda Berikan pada Peserta Didik untuk Hasilkan Karya Pemikiran Kreatif? Soal PMM

B. Cerita Reflektif

Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?

Jawaban: 

  1. Brainstorming (Divergen): Metode ini dilakukan dengan menulis gagasan atau solusi terkait suatu topik atau masalah sehingga murid bebas berpikir tanpa menilai setiap gagasan pada awalnya.
  2. Debat (Konvergen): Metode ini digunakan untuk mengajak murid berdebat tentang suatu topik kontroversial atau kompleks. Dalam debat, siswa perlu mengumpulkan informasi, menganalisis, dan memilih argumen terbaik untuk mendukung posisi mereka. Proses ini membutuhkan konvergensi pikiran untuk mencapai kesimpulan yang solid.
  3. Analisis Kasus (Konvergen): Berikan kepada siswa sebuah studi kasus atau cerita pendek yang kompleks. Minta mereka untuk menganalisis masalahnya, mengidentifikasi berbagai opsi atau solusi, dan memilih yang terbaik berdasarkan pertimbangan yang rasional.
  4. Permainan Peran (Divergen dan Konvergen): Sisipkan siswa ke dalam situasi tertentu dan minta mereka berperan sebagai karakter dengan pandangan yang berbeda-beda. Setelah itu, mereka harus berpikir secara divergen untuk memahami sudut pandang karakter mereka sendiri, dan kemudian konvergen untuk mencapai kesepakatan atau solusi bersama.
  5. Pemecahan Masalah Berkelompok (Divergen dan Konvergen): Berikan sebuah masalah kompleks kepada kelompok siswa dan biarkan mereka bekerja sama untuk menemukan solusi. Mereka harus menghasilkan berbagai ide (divergen), dan kemudian secara bersama-sama menganalisis dan memilih solusi terbaik (konvergen).

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat