androidvodic.com

Jawaban PMM, Seorang Pendidik akan Melaksanakan Satu Kegiatan Pembelajaran di Kelas - News

News - Simak jawaban pertanyaan seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas dalam artikel ini.

Bapak/Ibu Guru mungkin menemukan pertanyaan di atas di Platform Merdeka Mengajar (PMM) tahun 2024.

Contoh jawaban dalam artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan ketika menjawab pertanyaan serupa di PMM.

Pertanyaan:

Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?

A. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar konsisten

B. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktek yang banyak, sehingga murid-murid harus menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai.

C. Ia dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana ini bermakna dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

D. Ia dapat langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga murid terbiasa.

Kunci Jawaban:

B. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktek yang banyak, sehingga murid-murid harus menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai.

Pembahasan:

Saat menghadapi situasi di mana murid-murid belum pernah mendapatkan materi yang akan diajarkan, penting bagi seorang pendidik untuk memulai pembelajaran dengan memberikan pengantar yang jelas.

Berikut ini beberapa hal yang perlu disampaikan pendidik kepada para murid di awal pembelajaran:

Baca juga: Jawaban, Hal Apa yang Paling Semangat Ingin Ibu dan Bapak Guru Coba? Soal PMM

  • Tujuan Pembelajaran: Jelaskan kepada murid-murid apa yang akan dipelajari dalam sesi pembelajaran tersebut. Tunjukkan relevansi materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari atau dengan konteks yang mereka pahami.
  • Pentingnya Materi: Beri pemahaman kepada murid-murid mengapa materi tersebut penting untuk dipelajari. Jelaskan manfaatnya dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan murid serta bagaimana materi tersebut dapat membantu mereka dalam kehidupan masa depan.
  • Latar Belakang Materi: Berikan ringkasan tentang apa yang akan dipelajari dan bagaimana materi tersebut terkait dengan topik-topik sebelumnya yang sudah mereka pelajari. Ini membantu murid-murid untuk memahami konteks dan mempermudah mereka dalam menangkap materi yang baru.
  • Keterlibatan Murid: Ajak murid-murid untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Berikan kesempatan bagi mereka untuk bertanya dan berbagi pemikiran tentang materi yang akan dipelajari. Ini akan membantu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan membangun minat mereka terhadap materi.
  • Pendekatan Pembelajaran: Jelaskan kepada murid-murid bagaimana Anda akan menjelaskan materi tersebut selama sesi pembelajaran. Apakah itu melalui ceramah, diskusi kelompok, atau kegiatan praktik, pastikan para murid memahami bagaimana mereka akan terlibat dalam proses pembelajaran.
  • Keterbukaan dan Dukungan: Pastikan murid-murid merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak memahami sesuatu. Jelaskan bahwa Anda siap membantu mereka.
  • Motivasi: Berikan motivasi kepada murid-murid untuk belajar dan mencapai potensi terbaik mereka dalam sesi pembelajaran tersebut.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Nurkhasanah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat