androidvodic.com

Jawaban Aktivitas Kelas Seperti Apa yang Cocok untuk Latih Proses Berpikir Divergen atau Konvergen? - News

News - Inilah jawaban: Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?

Pertanyaan ini termuat dalam Modul 1 tentang Kreativitas dan Inovasi di kolom Cerita Reflektif.

Pertanyaan ini perlu dijawab oleh bapak/ibu guru setelah merampungkan proses Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Selengkapnya, simak jawabannya di bawah ini:

Modul 1 Kreativitas dan Inovasi

Berpikir Divergen dan Konvergen

Cerita Reflektif

Aktivitas kelas seperti apa yang cocok Anda lakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik?

Jawaban: Ada dua aktivitas kelas yang cocok dilakukan untuk melatih proses berpikir divergen atau konvergen pada peserta didik.

Pertama, Project-Based Learning (PBL).

Siswa dapat bekerja dalam proyek yang membutuhkan eksplorasi ide-ide (berpikir divergen) serta penentuan solusi yang terbaik (berpikir konvergen).

Contohnya, proyek membuat taman sekolah yang ramah lingkungan.

Siswa diajak untuk bertukar pikiran tentang ide-ide kreatif untuk desain taman (divergen), kemudian memilih dan merencanakan implementasi desain terbaik (konvergen).

Baca juga: Jawaban, Apa Saja Kegiatan, Materi, Manfaat yang Anda Harapkan Ada Dalam Modul Ini? Soal PMM

Kedua, Design Thinking.

Design Thinking adalah proses kreatif yang dimulai dengan memahami kebutuhan pengguna (divergen), mengidealkan solusi (divergen), membuat prototipe (konvergen), dan menguji solusi (konvergen).

Contohnua, merancang produk baru yang memecahkan masalah sehari-hari siswa, seperti tas sekolah multifungsi.

Dengan aktivitas-aktivitas tersebut, siswa dapat melatih kemampuan berpikir divergen untuk menghasilkan banyak ide kreatif dan berpikir konvergen untuk menemukan solusi terbaik yang didasarkan pada logika dan analisis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat