androidvodic.com

Pembentukan Karakter Anak Lewat Kategori 2 vs 2 di Festival Basket Usia Dini MBKM FKOR UNS - News

News, Solo - Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (FKOR UNS) Surakarta bekerja sama dengan akademi bola basket di Kota Solo dan sekitarnya dalam program Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan MBKM yang termuat dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik secara soft skills maupun hard skills, untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan yang unggul dan berkepribadian baik.

Lewat program ini, mahasiswa bisa memilih program MBKM lain yang ditawarkan Kementerian, merujuk pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1.

Dengan adanya program MBKM ini, bisa memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk magang di klub atau akademi bola basket sebagai pengalaman belajar di luar kampus.

Dari FKOR UNS sendiri, total ada 20 mahasiswa yang mengikuti program MBKM.

Mereka magang di tiga akademi bola basket di Kota Solo dan sekitarnya, yaitu Victory Generation, Humble, dan T-Rex.

Untuk hasil maksimal, para mahasiswa didampingi oleh Dosen FKOR UNS, Baskoro Nugroho Putro, M. Pd., dan Dr. Hendrig Joko Prasetyo, M.Or.

Selain magang, MBKM FKOR UNS juga mewadahi pemain muda di akademi bola basket Solo Raya untuk mengembangkan permainan mereka lewat Festival Bola Basket Usia Dini.

Dalam festival ini, ada kategori 2 vs 2 yang bertujuan menambah minute play anak dan untuk membentuk karakter mereka agar berjiwa kompetitif sejak dini.

Festival ini diharapkan bisa menjadi langkah strategis untuk membangun komunitas basket yang kuat dan menghasilkan atlet berprestasi.

Sebagai informasi, Festival Bola Basket Usia Dini memang dirancang khusus agar anak-anak bisa belajar berkompetisi dan mengembangkan keterampilan basket mereka.

Lewat festival ini, anak-anak terbantu dalam memperkuat pondasi teknik, strategi permainan, memahami nilai-nilai kerja tim, dan berkompetisi secara sehat.

Selain itu, festival digelar dengan tujuan membentuk karakter dan nilai pada anak usia dini soal berkompetisi secara sehat, cara menghormati lawan, menaati peraturan, dan mengelola emosi dalam situasi kompetitif.

Ciptakan Lingkungan Positif untuk Anak

Penyelenggaraan Festival Bola Basket Usia Dini di Kota Solo dan sekitarnya diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang positif dan inspiratif bagi anak-anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat