androidvodic.com

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD/MI Buku Tematik K13 Halaman 79: Manfaat Minyak Bumi - News

News – Berikut ini merupakan kunci jawaban buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 Kurikulum 2013.

Pada buku pelajaran buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 Kurikulum 2013 terdapat tugas essay.

Tugas yang tertera pada buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 Kurikulum 2013, meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah terlampir

Sebagai catatan, sebelum melihat kunci jawaban buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 Kurikulum 2013, siswa terlebih dahulu menjawab soal secara mandiri.

Kunci jawaban ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut Kunci jawaban buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 Kurikulum 2013: Manfaat Minyak Bumi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD/MI Halaman 79 K13

AYO MEMBACA

Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak biss terbayang seandain ya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau terjadi?

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 76, Subtema 2: Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut reaksi ga akan mengubah fosil menjadi cairan hitamyang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Hasil lain dari pengolahan minyak bumi ternyata juga masih bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer. Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat