androidvodic.com

Pendaftaran SMA/SMK di PPDB Jateng 2024 Ditutup Hari Ini, Segera Akses Ppdb.jatengprov.go.id - News

News - Pendaftaran PPDB Jateng 2024 untuk memilih SMA dan SMK akan ditutup pada hari ini, Kamis (27/6/2024) pukul 17.00 WIB.

Bagi calon peserta didik (CPD) yang belum sempat memilih SMA atau SMK di PPDB Jateng 2024 dapat segera mendaftar hari ini.

Pendaftaran dan pemilihan sekolah PPDB Jateng 2024 dapat dilakukan melalui laman website https://ppdb.jatengprov.go.id.

Selain itu, bagi CPD yang ingin melakukan perubahan pilihan sekolah di PPDB Jateng 2024, juga dapat segera mengubahnya di laman tersebut, sebelum waktu pendaftaran ditutup.

Lantas bagaimana kententuan pendataran dan pemilihan sekolah SMA dan SMK di PPDB Jateng 2024?

Simak cara daftar dan memilih sekolah di PPDB Jateng 2024 untuk SMA dan SMK, mengutip juknis pendaftaran tahun ajaran 2024/2025, berikut ini.

Cara Daftar dan Memilih SMA/SMK di PPDB Jateng 2024

  1. Akses laman website https://ppdb.jatengprov.go.id;
  2. Pilih sekolah tujuan SMA atau SMK
  3. Lalu pilih jalur pendaftaran SMA/SMK tujuan
  4. Login dengan cara memasukan Nomor Peserta dan Password;
  5. Memilih sekolah tujuan;
  6. Mencetak tanda bukti pemilihan sekolah tujuan.

Ketentuan Pendaftaran Pemilihan SMA dan SMK di PPDB Jateng 2024

SMA Negeri:

1. Calon siswa memiliki hak melakukan pendaftaran pada 2 Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan 1 Satuan Pendidikan di dalam wilayah zonasinya, dan 1  Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan:

  • Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan 1 Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi.
  • Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi.

2. Calon siswa SMA Negeri dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali hanya dapat mengubah pilihan menjadi jalur prestasi setelah melakukan pembatalan pendaftaran di jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali.

SMK Negeri:

  1. Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 2 (dua) pilihan program keahlian pada sebanyak-banyaknya 2 Satuan Pendidikan;
  2. Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan program keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

Ketentuan Perubahan Pilihan Sekolah di PPDB Jateng 2024

  1. Selama masa pendaftaran, Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan ke SMA Negeri, dan Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan ke SMK Negeri.
  2. Pindah pilihan sebagaimana tersebut angka 1, bagi Calon Peserta Didik dari SMA Negeri yang pindah ke SMK Negeri dan/atau sebaliknya diwajibkan melakukan pembatalan pendaftaran pada SMA dan/atau sebaliknya.
  3. Pindah pilihan dari SMA ke SMK wajib melengkapi dan mengunggah Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah atau Surat Pernyataan Sehat sesuai yang dipersyaratkan.
  4. Calon Peserta Didik Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua dapat berpindah pilihan ke Jalur Prestasi setelah melakukan pembatalan pendaftaran pada jalur Perpindahan Tugas Orang Tua.

Bagi yang telah melakukan pendaftaran pemilihan sekolah PPDB Jateng 2024 di SMA atau SMK tujuan, hasil seleksi dan pemeringkatannya dapat dicek pada lamanppdb.jatengprov.go.id.

Ikuti langkah-langkah cara melihat hasil seleksi PPDB Jateng 2024 dari hasil penulusuran News berikut ini.

Baca juga: Cara Daftar Ulang PPDB SD Kota Semarang 2024 di Laman ppd.semarangkota.go.id

Cara Melihat Hasil Seleksi PPDB Jateng 2024

  1. Akses laman PPDB Jateng 2024 di https://ppdb.jatengprov.go.id/ atau klik LINK
  2. Pilih sekolah yang didaftar SMA atau SMK
  3. Pilih jalur pendaftaran yang dilalui (misal jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi)
  4. Klik menu 'Seleksi'
  5. Klik tombol 'Pilih Sekolah', cari sekolah berdasarkan SMA atau SMK yang dituju, jika mendaftar SMK, wajib memilih jurusan yang dituju.
  6. Lalu tampilan akan menunjukan daftar urutan nama CPD sesuai dengan peringkat di setiap sekolah.

Adapun urutan nama calon siswa tersebut berdasarkan ketentuan dan prioritas seleksi PPDB Jateng 2024 di setiap jalur pendaftaran.

Lebih lengkapnya, simak jadwal PPDB Jateng 2024 jenjang SMA dan SMK berikut ini:

Jadwal PPDB Jateng 2024 (SMA dan SMK Negeri)

1. Penetapan Zonasi : 13 Mei 2024

2. Pengumuman PPDB : 6 Juni 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat