androidvodic.com

Kunci Jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 172 Kurikulum Merdeka Bab 8: Asesmen - News

News - Simak kunci jawaban Fisika kelas 12 halaman 172 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Mata pelajaran Fisika kali ini membahas Bab 8: Gejala Kuantum. 

Kunci jawaban Fisika Kelas 12 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar. 

Kunci jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 172

Buku Fisika Kelas 12 Halaman 172 Kurikulum Merdeka
Buku Fisika Kelas 12 Halaman 172 Kurikulum Merdeka

Bab 8 Gejala Kuantum: Asesmen

Selesaikan permasalahan berikut dengan baik dan benar!

1. Manakah dari teori berikut: teori cahaya, teori gelombang atau teori partikel, yang didukung oleh temuan Young, Maxwell, dan
Hertz?

2. Manakah yang lebih berhasil melepaskan elektron dari permukaan logam: foton cahaya ungu atau foton cahaya merah? Berikan alasannya!

3. Sebuah elektron dan proton bergerak dengan kecepatan yang sama. Manakah yang memiliki momentum lebih besar? Manakah yang memiliki panjang gelombang lebih panjang?

4. Kita tidak dapat melihat panjang gelombang materi yang bergerak dalam keseharian kita. Apakah ini karena panjang gelombangnya luar biasa besar atau luar biasa kecilnya?

5. Seorang teman berkata, “Jika elektron bukan partikel, maka itu pasti gelombang.” Apa tanggapan Anda? (Apakah Anda sering mendengar pernyataan “tidak tepat” seperti ini?).

6. Foton dengan panjang gelombang 0,06 nm mengalami hamburan Compton dengan sudut hamburan 60 derajat. Tentukan panjang gelombang foton yang dihamburkan!

Baca juga: Kunci Jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 14 Kurikulum Merdeka Bab 1: Ayo Berlatih

Kunci Jawaban

1. Young, Maxwell, dan Hertz berhasil membuktikan bahwa cahaya memiliki sifat gelombang.

Thomas Young (1773-1829) pada 1801 melakukan “eksperimen celah ganda” yang membuktikan bahwa cahaya merupakan fenomena gelombang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat