androidvodic.com

Kunci Jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 173 Kurikulum Merdeka Bab 8: Pengayaan - News

News - Simak kunci jawaban Fisika kelas 12 halaman 173 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Mata pelajaran Fisika kali ini membahas Bab 8: Gejala Kuantum. 

Kunci jawaban Fisika Kelas 12 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar. 

Kunci jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 173

Buku Fisika Kelas 12 Halaman 173 Kurikulum Merdeka
Buku Fisika Kelas 12 Halaman 173 Kurikulum Merdeka

Bab 8 Gejala Kuantum: Pengayaan

Sel surya merupakan piranti semikonduktor yang menggunakan cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga surya disebut-sebut sebagai energi terbarukan masa depan yang mampu menggantikan pembangkit listrik bertenaga batu bara.

Indonesia yang selalu mendapatkan cahaya Matahari sepanjang tahun memiliki peluang besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap energi listrik.

Sebagai piranti semikonduktor, coba kalian analisis dari berbagai sumber dan diskusikan apakah prinsip kerja sel surya merupakan aplikasi dari efek fotolistrik yang sesuai dengan penjelasan Einsten pada Subbab B.

Kemudian analisis juga bagaimana tantangan dan hambatan pengembangan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia.

Baca juga: Kunci Jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 14 Kurikulum Merdeka Bab 1: Ayo Berlatih

Kunci Jawaban

Ya, panel surya beroperasi berdasarkan efek fotolistrik.

Sel fotovoltaik di dalam panel surya mengubah sinar matahari menjadi listrik dengan memanfaatkan efek fotolistrik, di mana foton (partikel cahaya) merangsang elektron dalam bahan semikonduktor, sehingga menghasilkan arus listrik.

Sementara terkait tantangan dan hambatan pengembangan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia, kita harus menyadari bahwa proyek pembangkit listrik tenaga surya juga memiliki risiko dan tantangan yang perlu diperhatikan.

POTENSI MASA DEPAN ENERGI SURYA DI INDONESIA

Energi surya memiliki potensi yang sangat besar baik saat ini maupun di masa depan di Indonesia, sebuah negara yang diberkati dengan sinar matahari yang melimpah dan kebutuhan akan sumber energi bersih dan berkelanjutan yang terus meningkat. Berikut ini adalah penjabaran tentang potensi energi surya saat ini dan masa depan di Indonesia:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat