androidvodic.com

Bagaimana Bapak/Ibu Memahami Cara Kerja Otak, 5 Kebutuhan Dasar Manusia, Tahap Tumbuh-Kembang Anak? - News

News - Inilah jawaban: Bagaimana bapak/ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? mengapa demikian?

Pertanyaan itu muncul pada saat bapak/ibu guru mengerjakan tugas Eksplorasi Konsep – Modul 1.2 dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Bapak/ibu calon guru penggerak (CGP) dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai panduan dalam menjawab pertanyaan di atas.

Pertanyaan:

Bagaimana bapak/ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? mengapa demikian?

Jawaban:

Memahami cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak, serta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup adalah hal yang sangat kompleks dan memerlukan pendekatan multidisiplin.

Berikut penjelasan dari setiap aspek tersebut:

1. Cara Kerja Otak

Diketahui, di dalam otak manusia masih tertinggal bagian yang serupa dengan otak mamalia, otak reptil, dan otak primata yang yang terhubung langsung dengan otak luhur manusia. Otak Luhur merupakan otak yang hanya dimiliki oleh manusia yang berfungsi reflektif membangun karakter manusia.

Berdasarkan bagian-bagian ini, sistem berpikir manusia dibagi menjadi dua yaitu sistem berpikir cepat yang dikelola oleh kerja bagian otak mamalia dan reptil serta sistem berpikir lambat yang dikelola oleh otak bagian primata dan otak luhur manusia.

Kedua sistem ini yang mempengaruhi bagaimana kita berpikir dan bertindak. Sistem berpikir cepat lebih menghemat energi. Sementara sistem berpikir lambat membutuhkan banyak energi karena bertentangan dengan cara kerja alamiah bagian otak yang lain.

Baca juga: Contoh Jawaban Koneksi Antar Materi Modul 1.1 Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Setiap manusia mempunyai porsi masing-masing bagian cara berpikir mana yang lebih dominan. Begitu pun pada murid-murid. Mereka memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Ada yang cepat, ada pula yang lambat.

Oleh karena itu, sebagai guru kita harus mampu memahami murid dengan segala kelebihan serta kekurangan mereka masing-masing.

2. Lima Kebutuhan Dasar Manusia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat