androidvodic.com

Jawaban: Apa Kaitan antara Diagram Identitas Gunung Es dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila - News

News - Simak jawaban: Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?

Pertanyaan itu muncul pada saat bapak/ibu guru mengerjakan tugas C Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 - Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Jika bapak/ibu calon guru penggerak (CGP) mengalami kesulitan, dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai panduan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaan: Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?

Jawaban: Diagram gunung es mengajari kita untuk menebalkan nilai-nilai karakter yang terdapat di alam bawah sadar.

Dengan pembiasaan-pembiasaan yang berulang-ulang sehingga menjadi budaya positif. Dengan demikian Profil Pelajar Pancasila dapat diwujudkan.

Jawaban alternatif: Kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan adalah sesuatu yang tampak di permukaan sesungguhnya menggambarkan semua potensi yang ada di bawah permukaan.

Begitu juga dengan murid. Segala sesuatu yang terlihat pada karakter murid dalam kehidupan kesehariannya, belum menunjukkan semua potensi besar yang ada pada murid tersebut.

Untuk menggali potensi-potensi yang dimilikinya sebagai upaya penumbuhan Profil Pelajar Pancasila, maka diperlukan pembiasaan dan aturan-aturan sekolah yang nantinya akan menggiring mereka pada proses transformasi pendidikan di sekolah.

Jawaban alternatif: Diagram identitas gunung es mengajarkan, kita tidak dapat memperkirakan sesuatu dari hanya yang tampak saja. Penumbuhan karakter didasari oleh perilaku yang diulang dan menjadi kebiasaan dan dari kebiasaan itu menjadi karakter seseorang.

Ada dua jalan utama yang bisa dilakukan dalam menumbuhkan karakter sebagai pengkondisian dan pembiasaan yaitu melalui jalan keteladanan dan sistem/aturan yang dilakukan secara konsisten sehingga mempengaruhi perilaku menjadi karakter yang baik.

Kaitannya dengan tranformasi pendidikan, kita sebagai guru harus dapat menuntun murid untuk dapat melihat karakter yang tersembunyi itu serta dapat menumbuhkan karakter yang baik melalui pengkondisian dan pembiasaan.

Baca juga: Tindakan Spesifik Apa yang Dapat Dilakukan untuk Menguatkan Diri Bapak/Ibu Memberdayakan Murid

Jawaban alternatif: Kesadaran dan pemahaman terhadap diagram identitas gunung es bisa membuat pendidik mengoptimalkan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid.

Dengan diagram gunung es, maka pendidik menyadari bahwa potensi murid lebih banyak yang tidak terlihat daripada yang muncul ke permukaan.

Hal tersebut membuat saya sebagai pendidik merasa lebih tergerak untuk menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid, sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara.

*) Disclaimer: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya sebagai referensi bapak/ibu calon guru penggerak saat mengerjakan tugas Eksplorasi Konsep – Modul 1.2.

(News/Sri Juliati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat