androidvodic.com

Pak Ahmad Adalah Seorang Guru Sosiologi SMA, Ini Jawaban PMM Modul 3 Cerita Reflektif - News

News - Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal Post Test Modul 3 di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu Guru di PMM.

Contoh jawaban di artikel ini, hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Pak Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang. Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi?

Jawaban:

Baca juga: Cara Simpan Video ke Bukti Karya PMM setelah Diunggah di YouTube

Pak Ahmad dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk menciptakan kondisi kelas yang tenang dan nyaman untuk refleksi:

  1. Mengatur Suasana Ruangan: Pak Ahmad bisa meminta siswa untuk mengatur tempat duduk, mungkin dengan membentuk lingkaran atau kelompok kecil agar suasana lebih intim dan santai.
  2. Mengurangi Kebisingan: Pak Ahmad dapat meminta siswa untuk menurunkan volume suara dan menjelaskan pentingnya momen refleksi. Ia bisa menggunakan sinyal, seperti mengangkat tangan atau menggunakan alat musik kecil untuk menarik perhatian.
  3. Menggunakan Teknik Relaksasi: Pak Ahmad bisa memimpin sesi relaksasi singkat, seperti meminta siswa untuk menutup mata dan mengambil napas dalam-dalam beberapa kali untuk membantu menenangkan pikiran.
  4. Menciptakan Atmosfer Positif: Pak Ahmad dapat memulai dengan berbagi pengalaman positif atau memberikan pujian kepada siswa untuk menciptakan suasana yang mendukung.
  5. Memberikan Instruksi yang Jelas: Pak Ahmad bisa menjelaskan tujuan refleksi dan bagaimana cara melakukannya, sehingga siswa merasa lebih terarah.
  6. Memfasilitasi Diskusi: Setelah refleksi individu, Pak Ahmad dapat mengajak siswa untuk berbagi pemikiran dalam diskusi kelompok kecil untuk memperdalam proses refleksi.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(News/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Platform Merdeka Mengajar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat