androidvodic.com

Argentina, Menanti Oase di Tengah Gurun Derita - News

oleh: Willy Kumurur
Penikmat bola

News - Untuk pertama kalinya dalam enam bulan pada September 2022 perekonomian Argentina mengalami kontraksi, meskipun ada manuver kebijakan nilai tukar dari pemerintah yang memicu peningkatan nilai tukar terhadap dolar dan ekspor tanaman.

Pengertian kontraksi ekonomi adalah tatkala aktivitas ekonomi agregat menurun, seperti produk domestik bruto (PDB) riil dan produksi industri.

Jika PDB riil turun dua kuartal berturut-turut, menurut para ekonom, itu pertanda resesi. 

Baca juga: VIDEO Prediksi Marco Motta: Brasil dan Argentina Bakal Bertemu di Final Piala Dunia 2022

Media Argentina, Buenos Aires Times, memberitakan bahwa aktivitas ekonomi turun 0,3 persen pada bulan September dibanding bulan sebelumnya.

Gejolak politik pada bulan Juli yang lalu mengakibatkan pemecatan tiga menteri ekonomi dalam empat minggu. Empat dari sepuluh rakyat Argentina miskin dan bank sentralnya mengalami kehabisan cadangan devisa, akibat melemahnya mata uang lokal.

Di awal tahun, dana moneter internasional (IMF) memperkirakan kenaikan harga di Argentina sebesar 43 persen tahun ini, sekalipun dalam kenyataan mencapai 72,4 persen saat ini.

Dalam situasi ekonomi yang muram seperti ini, jutaan rakyat Argentina bertahan hidup hanya berkat dapur umum dan program kesejahteraan negara.

Upaya sosial ini disalurkan melalui partai politik yang berkuasa. Kesepakatan baru-baru ini dengan IMF untuk merestrukturisasi utang senilai 44 miliar dollar US mendapat kritikan karena dinilai akan menghambat proses pemulihan ekonomi.

Dengan kondisi ekonomi yang sulit ini, Argentina terjun di kancah pertempuran di Piala Dunia 2022.

Dokter yang berjasa pada awal karier sepakbola Lionel Messi, Diego Schwarzstein, mengakui bahwa dia tidak ingin negaranya, Argentina, memenangkan Piala Dunia 2022.

Schwarzstein berhasil merawat Lionel Messi setelah dia didiagnosa mengidap defisiensi hormon pertumbuhan saat berusia sembilan tahun.

Empat tahun setelah perawatannya dimulai di bawah Schwarzstein, Messi direkrut oleh Barcelona (2001).

"Sebagai penggemar bola, tentu saja saya ingin negeri saya juara. Tetapi sebagai warga negara Argentina, saya ingin Messi dan kawan-kawan kalah dalam tiga pertandingan awal dan tersingkir di fase grup.”

Terkini Lainnya

  • Piala Dunia 2022

  • Sebagai warga negara Argentina, saya ingin Messi dan kawan-kawan kalah dalam tiga pertandingan awal dan tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar

  • Piala Dunia 2022

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat