androidvodic.com

Piala Dunia 2022 Qatar Selayaknya Panggung Kemenangan bagi Palestina - News

News - Piala Dunia 2022 Qatar saat ini memang masih berlangsung, namun sorotan menarik tertuju pada eksistensi sebuah negara yang bernama Palestina.

Palestina memang tidak menjadi bagian resmi dari 32 peserta Piala Dunia 2022, namun bendera negara tersebut seakan telah mewarnai ajang tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya simbol negara Palestina entah itu dalam bentuk bendera, ban lengan ataupun gelang yang dipakai oleh penikmat Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca juga: Cara Warga Palestina Curi Perhatian Dunia di Ajang World Cup, Kibarkan Bendera dan Teriakan Yel-yel

Viral suporter Inggris teriak Free Palestina di depan reporter Israel
Viral suporter Inggris teriak Free Palestina di depan reporter Israel (Twitter)

Di beberapa video yang viral di media sosial, nyanyian bernada "Bebaskan Palestina" juga kerapkali menghiasi suasana Piala Dunia 2022 mulai di stadion, zona penggemar maupun jalan-jalan di Qatar.

Bahkan, ada salah satu media Amerika Latin yang menggambarkan bahwa Palestina sebagai negara ke-33 turnamen Piala Dunia edisi kali ini.

Terbaru, sorotan menarik mewarnai selebrasi Timnas Maroko setelah menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) dinihari.

Dalam selebrasinya tersebut, skuad Maroko terlihat membawa bendera Palestina saat sesi foto pasca laga melawan Spanyol.

Para pemain Maroko melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Maroko dan Spanyol di Education City Stadium di Al-Rayyan, sebelah barat Doha. Selasa (6 Desember 2022). (Glyn KIRK/AFP)
Para pemain Maroko melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Maroko dan Spanyol di Education City Stadium di Al-Rayyan, sebelah barat Doha. Selasa (6 Desember 2022). (Glyn KIRK/AFP) (AFP/GLYN KIRK)

Lantas pertanyaannya, tim nasional Palestina tidak bermain, namun mengapa bendera negara tersebut bisa terlihat dimana-dimana di Piala Dunia 2022?

Jawabannya adalah karena Piala Dunia 2022 Qatar lebih dari sekedar acara olahraga semata.

Ajang Piala Dunia seakan menjadi sarana untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia.

Piala Dunia juga diartikan sebagai wadah penting bagi para penikmat bola seluruh dunia untuk berbagi hasrat mereka soal sepak bola dan solidaritas manusia itu sendiri.

Apalagi Piala Dunia edisi kali digelar di Qatar, dimana secara geografis dan logistik, wilayah tersebut lebih mudah dijangkau oleh orang-orang  yang berada di daerah tersebut dibandingkan edisi-edisi sebelumnya.

Seorang pendukung Uruguay memegang kaos bertuliskan
Seorang pendukung Uruguay memegang kaos bertuliskan "Kebebasan untuk Palestina" selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia Qatar 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Senin (28 November 2022). (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP) (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Kesamaan dalam hal budaya juga membuat tak sedikit orang yang bermukim di daerah tersebut tak merasa takut untuk sekedar bisa menonton Piala Dunia secara langsung.

Dan pada ujung ceritanya adalah salah satu perhatian mencolok yang mewarnai perhelatan Piala Dunia 2022 soal Palestina.

Terkini Lainnya

  • Piala Dunia 2022

  • Piala Dunia 2022 Qatar saat ini memang masih berlangsung, namun sorotan menarik tertuju pada eksistensi sebuah negara yang bernama Palestina.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat