androidvodic.com

10 Pemain dan Tim Piala Dunia 2022 Terpopuler di Twitter: Messi Dua Kali Lipat dari Ronaldo - News

10 Pemain dan Tim Piala Dunia 2022 Terpopuler di Twitter

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Piala Dunia 2022 baru saja tuntas digelar.

Satu di antara media sosial yang paling ramai mengabarkan jalan kompetisi terbesar di dunia ini adalah Twitter.

Dilansir dari blog resmi Twitter, terdapat lebih dari 147 miliar tayangan (impression) dari berbagai cuitan tentang Piala Dunia 2022.

Baca juga: Chef Ahli Daging Steak Salt Bae Panen Kecaman Karena Aksi Pegang Trofi Piala Dunia 2022 di Lapangan

Itu melampaui tayangan cuitan tentang Piala Dunia 2018 dan lebih dari dua kali lipat dari jumlah tayangan cuitan tentang Olimpiade 2020 lalu.

Pacmann, perusahaan yang bergerak di bidang machine learning meramaikan momentum kompetisi empat tahun sekali ini.

Mereka melakukan analisis menggunakan machine learning model, yaitu Named-Entity Recognition dan Emotion Analysis.

Pacmann menganalisis sekitar 280 ribu cuitan berbahasa Indonesia di Twitter dari 19 November hingga 19 Desember 2022 dengan kata kunci “piala dunia” dan “pildun”.

Baca juga: Ramalan EA Sport FIFA Memprediksi Argentina Sebagai Juara Piala Dunia 2022, Begini Jalan Messi Juara

Para pemain Argentina melakukan selebrasi di atas bus dengan tanda bertuliskan
Para pemain Argentina melakukan selebrasi di atas bus dengan tanda bertuliskan "Juara Dunia" bersama pendukung setelah memenangkan turnamen Piala Dunia Qatar 2022 saat mereka meninggalkan Bandara Internasional Ezeiza dalam perjalanan ke pusat pelatihan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) di Ezeiza, provinsi Buenos Aires, Argentina pada 20 Desember 2022. (TOMAS CUESTA / AFP)

Analisis pertama menerapkan Named-Entity Recognition untuk mendeteksi popularitas pemain dan tim yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Singkat kata, Named-Entity Recognition adalah salah satu tasks dari Natural Language Processing (NLP) yang digunakan untuk mengekstraksi informasi seperti nama, organisasi, lokasi, waktu, dsb. dari kumpulan dataset tak terstruktur seperti cuitan.

Berdasarkan hasil analisis memakai model Named-Entity Recognition, terungkap bahwa Lionel Messi adalah pemain terpopuler selama ajang Piala Dunia 2022 dengan perolehan cuitan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pemain terpopuler kedua Cristiano Ronaldo.

Posisi pemain paling populer selanjutnya ditempati oleh Kylian Mbappé dan Neymar Júnior. Menariknya, Karim Benzema juga jadi pemain paling populer kelima walau tidak sekalipun bermain di ajang kompetisi ini.

“Hasil analisis ini bisa jadi informasi tambahan untuk kita semua dalam perdebatan pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola, meskipun saya yakin tidak semua orang setuju. Satu hal yang pasti, Messi dan Ronaldo memang jadi pemain sepak bola paling populer dekade ini,” ujar Adityo Sanjaya, CEO dan Chief Data Scientist di Pacmann dan Valiance dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2022).

Terkini Lainnya

  • Piala Dunia 2022

  • Lionel Messi adalah pemain terpopuler selama ajang Piala Dunia 2022 dengan perolehan cuitan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Cristiano Ronaldo

  • Piala Dunia 2022

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat