androidvodic.com

Pengamanan Debat Capres, Mulai dari 4 Ring hingga Jalur Penyelamatan VVIP - News

News, JAKARTA - Jelang debat capres-cawapres perdana, Polri telah menyiapkan sejumlah skenario pengamanan di lokasi, yakni Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pengamanan di lokasi terdiri dari 4 lapis atau 4 ring.

Ia menyebut, ring 1 menjadi tanggung jawab Paspasmpres karena kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai capres nomor urut 01.

"Ring 1 domain Paspampres dengan sandi pengamanan Waskita karena di situ ada presiden," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Sementara pengamanan di Ring 2, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut menjadi domain bersama antara TNI-Polri serta Paspampres.

Baca: Gelar Nobar Debat Capres Pertama, Timses Prabowo Pilih Sindir Jokowi Lewat Makan Ikan Tongkol Bareng

Ring 3, kata dia, yakni di lokasi luar gedung hotel seperti halaman parkir menjadi tanggung jawab Korps Bhayangkara atau Polri.

Kemudian Ring 4 merupakan jalur yang akan digunakan oleh pejabat VVIP.

Selain itu, jenderal bintang satu itu menuturkan ring 4 juga digunakan sebagai jalur evakuasi atau jalur penyelamatan (escape) VVIP.

"Di ring 4 itu jalur termasuk sudah ditetapkan escape VVIP baik lewat udara, darat, termasuk ke rumah sakit terdekat. Semua skenario termasuk arus lalu lintas sudah dipersiapkan," kata dia.

Lebih lanjut, kepolisian juga disebutnya telah merancang adanya penyekatan diantara dua kubu masing-masing pendukung.

Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan antara pendukung kubu nomor urut 01 yakni Jokowi-Ma'ruf dan pendukung kubu nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Penyekatan dua kubu sudah disiapkan dengan baik," tuturnya.

Terkini Lainnya

  • Pilpres 2019

  • Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pengamanan di lokasi terdiri dari 4 lapis atau 4 ring.

  • Kelompok Anak Muda Luncurkan Situs Gagasankita.id, Bisa Suarakan Aspirasi Langsung ke Anies Baswedan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat