androidvodic.com

Fuad Bawazier: di Pemerintahan Jokowi, Utang Indonesia Naik 1,2 Triliun Per Hari - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Direktur Konsolodisai Nasional Badan Pemenanangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fuad Bawazier mengatakan bahwa jumlah utang Indonesia saat ini cukup mengerikan. Di masa pemerintahan Jokowi, utang Indonesia meningkat 17 persen pertahunnya.

"Kalau sekarang yang terakhir selama pak Jokowi memerintah itu utang kira-kira naik per hari termasuk Sabtu-Minggu hari libur, 1,2 triliun rata-rata. Tapi kalau di rata-rata yang terkahir, tahun terakhir 1,6 triliun per hari, mengerikan juga," ujar Fuad Bawazier dalam diskusi di Posko Pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, (30/1/2019).

Jumlah utang yang terus meningkat itu, menurut mantan menteri keuangan di era Soeharto tersebut tidak digunakan secera efektif. Hal itu tampak dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak beranjak dari angka 5 persen.

"Sementara, kenapa pertumbuhannya rendah berarti utang itu tidak digunakan secara efektif. Kenapa tidak efektif? berbeda dengan utang yang model lama yaitu pinjaman utang 100 persen utang itu untuk proyek, jadi jelas setiap utang itu untuk proyek ini proyek ini," ujar Fuad Bawazier. 

Baca: 150 Hektar Lahan Sawah dan Tambak di Karawang Terendam Banjir

Menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak kunjung beranjak tersebut, karena utang digunakan untuk menutup defisit anggaran bukan untuk menggenjot perekonomian.

"Jadi penggunaannya itu tidak terarah kalo untuk proyek kan jelas itu akan meningkatkan pertumbuhan untuk ekonomi. Jadi utang itu menurut saya naiknya tajam, penggunaaannya ceroboh, tidak digunakan untuk membangun, untuk proyek," katanya.

Baca: Fadly Zon: Ahmad Dhani Dipenjara, Penegak Hukum Tak Profesional

Masalah utang ini menurutnya penting untuk disoroti. Pasalnya hampir semua krisis negara di dunia disebabkan oleh masalah utang yang tidak terbayar.

"Terutama utang yang berkaitan dengan negara. Apalagi kalau itu utangnya dalam bentuk valuta asing," pungkasnya.

Terkini Lainnya

  • Pilpres 2019

  • "Kalau sekarang yang terakhir selama pak Jokowi memerintah itu utang kira-kira naik per hari termasuk Sabtu-Minggu hari libur, 1,2 triliun rata-rata.

  • Kelompok Anak Muda Luncurkan Situs Gagasankita.id, Bisa Suarakan Aspirasi Langsung ke Anies Baswedan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat