androidvodic.com

Wakil Ketua DPP PAN Sebut Jika Partainya Siap Menyeberang ke Koalisi Pemerintah - News

Wakil Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyebut jika partainya siap menyeberang ke barisan koalisi pendukung pemerintah.

News - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyatakan, partainya siap menyeberang ke barisan koalisi partai politik pendukung pemerintah.

"Kami siap menyeberang. Mengatakan kepada rakyat bahwa PAN punya kebesaran hati untuk mendukung (pemerintah)," ujar Bara di dalam diskusi di bilangan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/6/2019).

Namun, ini belum menjadi keputusan resmi PAN. Partainya akan menggelar musyawarah terlebih dahulu untuk mendiskusikan peluang tersebut.

Baca: Pengamat Sebut PAN dan Demokrat 100 Persen Gabung Pemerintah, Gerindra Masih Galau

Baca: Politikus PAN Faldo Maldini Sebut Perseteruan Kubu 01 dan 02 Tidak Akan Abadi

Menurut Bara, Pemilu serentak 2019 lalu menyisakan keterbelahan yang tajam di tengah masyarakat Indonesia, yang disebabkan politik identitas.

PAN sebagai pihak yang terlibat di dalam pesta demokrasi tersebut memiliki tanggung jawab untuk "menyembuhkan luka" di masyarakat Indonesia.

"Ada luka dalam di masyarakat yang memang harus disembuhkan. Karena sebelumnya bekas ada tuduhan tidak mendasar, politik identitas, delegitimasi institusi negara," ujar Bara.

"Dalam rangka heal the nation, PAN ini punya tanggung jawab juga ya. Memang sikap seperti PAN dibutuhkan untuk saat ini," lanjut dia.

Baca: Bara Hasibuan Minta Pilpres 2019 Harus Jadi Pelajaran Bagi Elite Politik

Baca: Bara Hasibuan: Peluang PAN Gabung Pemerintah Cukup Besar

Karena itu, Bara juga yakin kubu Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai pemenangan Pilpres 2019 tidak hanya mendasarkan diri pada pertimbangan penambahan kekuatan di parlemen dalam hal koalisi tetapi juga mempertimbangkan heal the nation.

Sebelumnya, Bara Hasibuan yakin partainya siap untuk membantu pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin pada periode mendatang.

Menurut Bara, ada kecocokan visi antara Jokowi-Ma'ruf dengan PAN.

"Saya bisa mengatakan, PAN siap untuk membantu dan mengawal Presiden Jokowi untuk memimpin sampai 2024. Jadi kami beranggapan visi kami dengan Pak Jokowi cocok," ujar Bara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Baca: Bara Hasibuan Sesalkan Prabowo Tak Beri Ucapan Selamat Kepada Jokowi

Baca: Bara Hasibuan Prediksi Gugatan Prabowo-Sandiaga bakal Ditolak MK

Meski demikian, sikap resmi PAN setelah putusan Mahkamah Konstitusi harus ditentukan dalam Rakernas terlebih dahulu.

Bara mengatakan, semua pendapat kader akan ditampung dan dipertimbangkan dalam Rakernas itu.

Menurut Bara, perbedaan pendapat di internal partai biasa terjadi. Termasuk dalam menentukan arah dukungan usai putusan MK ini.

"Tapi memang keputusan resmi akan kami ambil melalui Rakernas dan mudah-mudahan akan kami laksanakan secepatnya bulan Juli nanti," ujar Bara.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bara Hasibuan: PAN Siap Menyeberang

Terkini Lainnya

  • Pilpres 2019

  • Wakil Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyebut jika partainya siap menyeberang ke barisan koalisi pendukung pemerintah.

  • Kelompok Anak Muda Luncurkan Situs Gagasankita.id, Bisa Suarakan Aspirasi Langsung ke Anies Baswedan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat