androidvodic.com

Pengacara PKPKM Klaim Konsumen Sudah 100 Persen Terima Pengembalian Dana dari Meikarta - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Kuasa hukum Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Rudi Siahaan menyebutkan bahwa anggota PPKM puas pengembalian dana dari pihak pengembang Apartemen Meikarta sudah 100 persen.

Anggota PKPKM saat ini berjumlah 140 orang dan seluruhnya memiliki deposit dana di bank sesuai dengan tipe apartemen yang mereka beli dari pengembang Apartemen Meikarta.

Tipe unit apartemen yang mereka pesan memiliki harga bervariasi, mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 170 juta. Sedangkan total dana milik komunitas PKPKM yang sudah terdeposit di bank mencapai Rp 32 miliar.

"Tanggapan para konsumen cukup puas karena memang sudah bertahun-tahun tidak terealisasi (Refund). Saat ini tergabung ke komunitas akhirnya mengucapkan syukur mereka," kata Rudi kepada News, Jumat (24/3/2022)

Rudy mengatakan, saat ini hanya tersisa konsumen mendapatkan unit yang dibelinya.

"Kalau untuk (refund) itu kan ada dua itu ada yang pengembalian unit dan dana. Kalau pengembalian dana sudah mencakup 100 persen. Tapi kalau untuk unit masih proses untuk hand over atau serah terimanya," lanjutnya.

Kemudian dikatakan Rudi bahwa jumlah konsumen pengembalian dana lebih banyak dibandingkan penyerahan unit.

"Kalau persentase korban yang meminta pengembalian dana lebih besar dibandingkan dengan pengembalian unit. Adapun pengembalian unit itu seusai dengan unit yang dibelinya diberikan haknya di distrik satu karena itu yang tersedia," sambungnya.

Rudi juga mengungkapkan batas waktu penyerahan unit maksimal akhir 2023. "Jadi tinggal yang unit serah terima saja maksimal di tahun ini atau tidak lewat dari tahun 2023," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, mengeklaim upaya advokasi yang dilakukan DPR RI terhadap konsumen apartemen Meikarta mulai membuahkan hasil. 

Baca juga: Kuasa Hukum: Pengembalian Dana Konsumen Meikarta Sudah 100 Persen, Sisa Penyerahan Unit

Dikatakan Andre, sejak mengadukan nasibnya ke DPR pada 18 Januari 2023 lalu, Andre menyebut saat ini mayoritas anggota Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) sudah mendapatkan haknya dari pengembang. 

"Saya memperoleh informasi dari Ketua Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Bapak Aep Mulyana, bahwa per 14 Maret ini, dari 131 orang anggota perkumpulan konsumen Meikarta yang mengadukan nasib ke DPR RI, sudah 114 orang yang mendapatkan refund melalui mekanisme titip jual dan 13 orang yang sudah mendapatkan unit," kata Andre kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Baca juga: Anggota Komisi VI DPR Sebut 131 Konsumen Meikarta yang Datang ke DPR Telah Terpenuhi Haknya

Dia mengatakan, data yang disampaikan perkumpulan konsumen Meikarta sangat menggembirakan. Data itu juga menunjukkan bahwa DPR bersungguh-sungguh dalam melakukan fungsi pengawasan. 

"Ini menunjukkan bahwa hasil pengawasan yang dilakukan oleh DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Bapak Sufmi Dasco Ahmad berhasil membantu konsumen Meikarta mendapatkan solusi. Saat ini tinggal 6 orang konsumen lagi yang masih diproses oleh pihak Meikarta," ujar Andre.

Baca juga: Andre Rosiade Klaim Aksinya Gebrak Meja Saat Rapat Komisi VI DPR dengan Meikarta Membuahkan Hasil

Andre mengatakan, langkah masyarakat mengadukan nasibnya ke DPR seperti yang dilakukan konsumen Meikarta sudah tepat. 

Selaku kader Gerindra yang bertugas di Komisi VI DPR, Andre memastikan pihaknya berkomitmen akan mengawal setiap aduan masyarakat hingga tuntas dan membuahkan hasil. 

"Sekali lagi bahwa gebrak meja di Komisi VI dan kunjungan sidak ke Meikarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Pak Sufmi Dasco sudah memberikan hasil kepada Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta yang mengadukan nasib ke DPR RI," tandas Andre.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat