androidvodic.com

Summarecon Bangun Sekolah Islam 2,9 Ha di IKN, Astra Dirikan Biz Center - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pengembang properti PT Summarecon Agung Tbk membangun Sekolah Islam Al Azhar Summarecon di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Peletakan batu pertama dilakukan Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (5/6/2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono mengatakan, peran sektor pendidikan meeupakan hal yang vital, terlebih Nusantara sebagai kota yang cerdas dan hijau perlu memiliki pendidikan dengan kapabilitas tersebut.

"Fasilitas pendidikan merupakan fasilitas penting yang dibutuhkan di IKN. Kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menambah ketersediaan pendidikan berkualitas yang nantinya akan segera hadir," ungkap Basuki, dikutip Rabu (5/6/2024).

"Bersama dengan fasilitas pendidikan lainnya, diharapkan akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga perkembangan dan mutu pendidikan di IKN dapat tumbuh dengan pesat," sambungnya.

Investasi proyek ini mencapai Rp200 miliar terdiri dari jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di lahan seluas 2,9 hektar.

Sekolah ini akan menjadi bangunan modern berwawasan lingkungan yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna.

Bangunan sekolah mengambil konsep rumah panggung dengan interior bangunan mengusung konsep berkelanjutan.

Masjid Al Azhar Summarecon Nusantara juga akan dibangun sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara dan nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN.

Baca juga: WSBP Pasok Readymix untuk Konstruksi Rumah Susun ASN 3 di IKN Nusantara

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi menyampaikan, pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang menjadi sekolah ke-5 ini akan segera dimulai pembangunannya.

"Diharapkan tahap pertama akan selesai di kuartal I-2026 sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dimulai pada tahun ajaran 2026/2027, sedangkan tahap kedua diharapkan akan dimulai pada kuartal I-2027," tukasnya.

Astra Bangun Biz Center

Pada hari yang sama Presiden Joko Widodo juga melakukan groundbreaking Astra Biz Center-IKN yang dibangun sejalan dengan konsep Forest City IKN yang menekankan keseimbangan antara pembangunan kota dan kelestarian alam dan lingkungan.

"Astra Biz Center-IKN yang akan dibangun oleh Astra ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Grup Astra dalam memajukan sentra bisnis serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat,” ujar Direktur Astra Rudy dikutip dari keterangan pers.

Baca juga: Luhut Bantah Tidak Ada yang Mau Investasi di IKN: Ada yang Lambat Sana Sini Biasalah

Astra Biz Center-IKN dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektare dan merupakan komplek terpadu, terintegrasi, dan berkonsep one stop service sebagai pusat layanan dari 11 merek dari perusahaan Grup Astra, yang meliputi Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, Asuransi Astra, ACC, TAF, United Tractors, Astra Infra, Astra Property dan lain-lain.

Bangunan ini dirancang dengan pencahayaan alami, material ramah lingkungan, serta peralatan hemat energi yang memerhatikan aspek keberlanjutan dan lingkungan yang memaksimalkan perpaduan penghijauan dan fokus pada pedestrian-oriented yang desainnya mengutamakan kenyamanan pejalan kaki.

Astra Biz Center-IKN akan menjadi yang ketiga di Indonesia setelah BSD City, Tangerang, dan di Bandung.

Acara groundbreaking Astra Biz Center-IKN juga dihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara, Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Konsorsium IKN, Direktur Astra Rudy serta Eksekutif Grup Astra.

Sebagai bagian dari Konsorsium Nusantara, Astra juga turut terlibat dalam pembangunan Nusantara Botanical Garden oleh Konsorsium Nusantara dengan prosesi groundbreaking yang juga dilaksanakan pada hari yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat