androidvodic.com

Makna si Balik Gerakan Berputar Tarian Sufi yang Mistis, Bisa Sembuhkan Rasa Sakit dan Patah Hati - News

News- Citra Turki sangatlah indah b

Baca: Kisah Hijrah Felixia Yeap, Mantan Model Majalah Pria Dewasa, Mualaf Setelah Casting Produk Jilbab

agi kebanyakan orang: masjid-masjid indah dan juga tarian sufi yang berputar-putar nan mistik.

Meskipun para penari sufi yang berputar-putar nampak misterius, adal-usul tarian yang disebut tarian darwis itu berasal dari pengalaman yang akrab dan dengan kita: cinta dan kehilangan.

Penggagas tarian ini adalah Hazreti Mevlana Jalaluddin Rumi.

Ajaran-ajarannya adalah dasar bagi tatanan tasawuf Mevlevi, yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan tentang Allah tidak hanya melalui buku-buku tetapi juga melalui pengalaman pribadi langsung.

Lahir pada 1207 di tempat yang sekarang Afghanistan, Rumi lolos dari invasi Mongol dan akhirnya menetap di Konya, yang terletak di Anatolia Tengah, Turki.

Ayahnya, dari keluarga guru agama, membimbing Rumi melalui retret, tindakan bhakti, dan metode pembelajaran tradisional lainnya.

Baca: Usai Operasi, Dorce dan Rano Karno Jauhi Santan, Ungkap Faktanya untuk Kesehatan, Baik atau Buruk?

Tarian Sufi
Tarian Sufi (net)

Namun hanya setelah pertemuannya dengan seorang syekh bernama Hazreti Shamsuddin, Rumi diubah menjadi pemimpin spiritual yang mengilhami tradisi terpisah.

Rumi dan Shamsuddin menutup diri selama berbulan-bulan, mengasingkan diri bersama-sama dan berbicara tentang kasih mereka kepada Allah.

Baca: Jangan Tergoda Gemerlapnya Diskon Mall, Yuk Berdoa, 10 Hari Kedua Ramadan Mustajab Mohon Ampunan

Persatuan mereka berlangsung sekitar tiga tahun. Dan kemudian Shamsuddin menghilang.

Namun, apa yang diketahui adalah bahwa kepergian yang tiba-tiba ini membantu mengubah Rumi menjadi pemimpin spiritual yang akan mengilhami tatanan sufi, fitur utama di antaranya adalah tarian "sema" atau doa darwis berputar.

Sejumlah seniman Tasura menarikan tarian sufi atau tarian sema menjelang waktu berbuka puasa di Atriummall Ratu Indah, Makassar. Minggu (29/6/2014). Tarian ini adalah rangkaian opening ramadan rhapsody untuk menarik minat pengunjung selama bulan Ramadhan. (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)
Sejumlah seniman Tasura menarikan tarian sufi atau tarian sema menjelang waktu berbuka puasa di Atriummall Ratu Indah, Makassar. Minggu (29/6/2014). Tarian ini adalah rangkaian opening ramadan rhapsody untuk menarik minat pengunjung selama bulan Ramadhan. (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan) (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)

Belajar Melepaskan Ketidakberdayaan

Dilansir dari CNN, Jumat (17/5/2019), Fadel Zeidan , asisten profesor di Departemen Anestesiologi di Universitas California, San Diego, mengatakan ada bukti bahwa tarian sufi itu memiliki manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Baca: Nasib Nur Khamid Setelah Nikahi Bule Cantik Polly Alexandria Robinson, 5 Bulan tak Balik ke Pelukan?

Tarian sufi membutuhkan kontrol perhatian dan melarikan diri dari gangguan.

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2019

  • Citra Turki sangatlah indah bagi kebanyakan orang: masjid-masjid indah dan juga tarian sufi yang berputar-putar nan mistik.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat