androidvodic.com

Kisah Uthman Taha, Kalifgrafer Berusia 84 Tahun Mushaf Madinah - News

News - Tradisi kaligrafi dalam dunia Islam telah berkembang selama ribuan tahun.

Bahkan itu sudah dimulai dari sejak masa awal Islam.

Lalu apakah Alquran yang Anda pegang masih merupakan tulisan tangan atau hasil dari teknologi digital?

Jalan Panjang Seorang Kaligrafer

Di dalam dunia Islam, khattat atau kaligrafer memiliki posisi yang sangat terhormat.

Annemarie Schimmel dalam bukunya yang berjudul Calligraphy and Islamic Culture, menyatakan bahwa Seni menulis adalah elemen terpenting dalam kebudayaan Islam, karena bagaimanapun Alquran sendiri dicatat dan disampaikan ulang dalam bentuk tulisan.

Bahkan Nabi dan orang-orang suci pernah berkata bahwa pemilik rumah harus mengisi rumahnya dengan tulisan kaligrafi yang baik karena itu akan mendatangkan berkah.

Baca: Kaligrafi Raksasa Teks Pancasila di Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo Pecahkan Rekor MURI

Di masa lalu, pada umumnya hanya orang-orang dari golongan kelas menengah ke ataslah yang bisa mendapatkan pendidikan dasar kaligrafi.

Untuk tingkatan lebih lanjut, biasanya mereka akan memanggil kaligrafer dengan kualifikasi khusus untuk mendidik anak-anak mereka.

Menjadi seorang kaligrafer bukanlah sesuatu yang mudah, mereka mesti menempuh jenjang pendidikan yang panjang untuk mendapatkan ijazah dari seorang guru kaligrafi.

Di dalam ijazah nanti akan tercantum tandatangan seorang guru yang menyatakan bahwa penerima ijazah telah menempuh pendidikan kaligrafi di sekolahnya.

Meskipun tahu jalan untuk menjadi seorang kaligrafer sedemikian berat, namun bagi para pecinta kaligrafi yang mendambakan kesuksesan, jalan tersebut tetap akan tetap ditempuhnya.

Sehingga pada masa itu muncul sebuah kalimat yang sangat terkenal, “Dengan berjalan di lembah kaligrafi, dia menjadi ternama dan terkenal.”

Untuk mempelari kaligrafi, pada awalnya seorang calon kaligrafer diwajibkan untuk mempelajari sufisme, yang di dalamnya di antaranya mengandung pelajaran tentang puisi dan musik.

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2019

  • Di antara sekian banyak kaligrafer di era modern, adalah Uthman Taha yang telah menempuh jalan panjang dunia kaligrafi.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat