androidvodic.com

Sambut Ramadan 2022, Dewan Masjid Indonesia Keluarkan SE Soal Aturan Ibadah, Ini Isinya - News

News - Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran (SE) terkait aturan ibadah selama Ramadhan tahun 2022.

SE tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla pada 11 Maret 2022 dikutip dari laman DMI.

Dalam surat edaran itu terdapat beberapa poin terkait aturan ibadah dari penggunaan pengeras suara hingga pembagian zakat fitrah.

Baca juga: Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 di iOS dan Android

Baca juga: Puasa Ramadhan 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Muhammadiyah 2 April, BRIN Sebut Ada Potensi Berbeda

Untuk selengkapnya berikut isi dari SE yang dikeluarkan DMI dikutip dari dmi.or.id:

1. Masjid/mushala yang dimakmurkan untuk ibadah bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (memakai masker, membawa alat ibadah sendiri, berwudhu dari rumah) dan memelihara kebersihan lingkungan masjid/mushala sebaik-baiknya yang menjamin terjaganya kesehatan seluruh jemaah.

2. Seluruh jajaran pimpinan DMI di seluruh tingkatan, Ortom, Batom, DKM, dan Takmir masjid/mushala diminta untuk mengutamakan kekhusyukan dan kesyahduan bulan suci Ramadhan dengan:

a. Menggunakan pengeras suara luar hanya untuk azan, iqamah, dan tartil Quran yang diatur durasinya antara 5-10 menit sebelum tanda waktu shalat tiba.

Baca juga: Mau Suasana Baru Saat Jalani Puasa? Yuk Intip Ramadhan Kareem Package Hotel Santika Premiere Bintaro

b. Tidak menggunakan pengeras suara luar untuk melakukan dzikir/doa para imam shalat, tahlilan, puji-pujian, barzanji, nasyid, lagu-lagu religi, dan sejenisnya. Apabila menghendaki penggunaan pengeras suara maka hendaknya menggunakan pengeras suara dalam saja.

c. Menjauhkan pengeras suara masjid/mushala dari anak-anak dan suara-suara gaduh.

d. Semua bentuk ceramah dan kultum hendaknya menggunakan pengeras suara dalam.

e. Kegiatan tadarus atau tilawatil Quran dengan menggunakan pengeras suara hendaknya hanya diperuntukkan bagi yang sudah fasih/lancar dan memiliki kemampuan qiraatil Quran yang bagus dengan tetap memperhatikan batas waktu istirahat (jam tidur) masyarakat.

Baca juga: 60 Link Twibbon Sambut Ramadhan 2022 (1443 H), Cocok Dibagikan di WhatsApp dan Instagram

f. Takbiran dalam rangka menghidupkan malam Hari Raya Idul Fitri hendaknya dilakukan serentak oleh DKM/takmir masjid/mushala dengan mengatur penggunaan pengeras suara luar sampai batas waktu istirahat (jam tidur) masyarakat (pukul 22.00) dan setelah itu dapat dilanjutkan dengan menggunakan pengeras suara dalam.

3. Pelaksanaan sahur on the street, kegiatan buka bersama, takjil di masjid/mushala, takbiran keliling di malam Idul Fitri, dan pelaksanaan shalat Id diimbau untuk dilaksanakan dengan perencanaan sebaik-baiknya, tertib, disiplin/ketat menerapkan protokol kesehatan dan agar tidak menyalakan petasan/mercon selama bulan suci Ramadhan.

4. Pembagian zakat fitrah, zakat mal, Infaq, sedekah, dan bantuan sosial agar dilaksanakan dengan cara menyerahkan langsung ke rumah-rumah fakir miskin, yatim piatu, dan para dhuafa lainnya oleh para petugas DKM/takmir setempat.

(News/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Ramadhan 2022

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2022

  • DMI mengeluarkan SE soal aturan ibadah selama bulan Ramadhan 2022 mencakup aturan soal pengeras suara hingga pembagian zakat ibadah.

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat