androidvodic.com

Umat Islam Aboge di Banyumas Jateng Memulai Puasa Ramadan Hari Ini - News

News, BANYUMAS - Umat Islam Alif Rebo Wage atau Aboge di Banyumas, Jawa Tengah memulai ibadah puasa pada hari ini, Senin (4/4/2022).

Berdasarkan hasil penghitungan Jawa Aboge, tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 4 April 2022.

Sesepuh Aboge asal Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Santibi menjelaskan metode penghitungan awal puasa ramadan.

Santibi menjelaskan, tahun 2022 Masehi bertepatan dengan tahun Jawa Alip atau Alif.

Berdasarkan rumus Aboge, kata Satibi, awal tahun Alip atau 1 Muharram jatuh pada hari pasaran Rebo (Rabu) Wage.

"Aboge artinya tahun Alip jatuh pada hari Rebo Wage Jim Akir menjadi rumus penentu awal Ramadan," kata Santibi kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Adapun rumus untuk menentukan awal Ramadan yaitu, Donemro atau Romadon Enem Loro (Ramadhan Enam Dua) dihitung dari Rabu Wage.

Baca juga: Mengenal Islam Aboge di Banyumas-Purbalingga yang Baru Melaksanakan Salat Idul Fitri Hari Ini

"Maka, kami menghitung awal Ramadan jatuh pada hari keenam Rabu dan pasaran kedua dari Wage, yaitu Senin Kliwon (yang jatuh pada 4 April 2022)," ujar Santibi.

Untuk diketahui, selain di Desa Cibangkong, umat Islam yang menggunakan penghitungan Aboge juga terdapat di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.

Islam Aboge atau Alif Rebo Wage merupakan sebuah aliran Islam yang diajarkan oleh Raden Rasid Sayid Kuning.

Aliran Aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, disebut sudah ada sejak akhir zaman Hindu.

Tahun lalu, penganut Islam Aboge melaksanakan Ibadah Puasa pada Rabu (14/4/2021), selisih satu hari dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah.

Dalam penentuan awal Ramadan, Islam Aboge memiliki rumus tersendiri, yakni rumus Donemro (Romadhon enem loro) atau "Ramadan enam dua".

Di Kabupaten Banyumas terdapat sejumlah daerah yang menggunakan penghitungan Aboge, antara lain di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Kemudian di Desa Kracak dan Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang.

Penganut Islam Aboge meyakini bahwa dalam kurun waktu delapan tahun atau satu windu terdiri atas tahun Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir serta dalam satu tahun terdiri 12 bulan dan satu bulan terdiri atas 29-30 hari dengan hari pasaran berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi) dan Pahing.

Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Umat Islam Aboge Banyumas Baru Mulai Puasa Ramadan pada Senin 4 April, Ini Alasannya

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2022

  • Rumus untuk menentukan awal Ramadan yaitu, Donemro atau Romadon Enem Loro (Ramadhan Enam Dua) dihitung dari Rabu Wage.

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat