androidvodic.com

Bacaan Doa Khatam Al Quran, Allahummarhamna Bil Quran - News

News - Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an serta mempelajari isi kandungannya ketika bulan Ramadhan.

Meski begitu, di luar Ramadhan umat muslim pun juga dianjurkan untuk membaca dan mempelajari isi al quran.

Mengutip Buku Panduan Ramadhan Terbitan Pustaka Muslim, Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan Rasulullah lebih banyak melakukan kebaikan ketika di Bulan ramadhan, diantaranya dengan memperbanyak sedekah, berbuat baik, shalat, dzikir mambaca Al-Qur'an dan itikaf.

Tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk menghatamkan Al-Qur'an ketika Bulan Ramadhan.

Baca juga: Bacaan Doa yang Diajarkan Rasulullah untuk Menghidupkan Lailatul Qadar

Baca juga: Doa Sholat Tahajud, Berikut Bacaan Niat dan Keutamaannya

Setelah menghatamkan Al-quran, beberapa orang seringkali bertanya, apakah ada doa khusus yang dibaca ketika khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan?

Secara syariat, tidak ada doa khusus yang dibaca setelah khatam al quran, namun bagi seseorang yang ingin berdoa dengan tujuan yang seperti diinginkan maka hal itu juga tidak dilarang.

Mantan Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi mengatakan tidak ada doa khusus yang dibaca setelah khatam Al-Qur'an di bulan Ramadhan.

Tidak ada doa khusus, namun bagi seseorang yang ingin berdoa dengan tujuan yang seperti diinginkan maka hal itu juga tidak dilarang.

Selain doa yang sesuai keinginan kita, kata Wahid, bisa juga dengan membaca doa yang ada di akhir Kitab Al-Qur'an.

"Kalau mau baca doa itu di akhir Al-Qur'an biasanya ada doa, itu baca aja doa itu bagus isinya," jelasnya, dalam program Tanya Ustaz News

Doa Khotmil Quran atau Senandung Al Quran

Doa tersebut biasa disebut doa khotmil Quran atau Doa Senandung Al Quran.

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Doa ini berisikan permohonan kepada Allah SWT agar hidup selalu dalam petunjuk Al Quran, dan berharap petunjuk dan hidayah Allah melalui Al Quran bisa didapatkan.

Adapun doa lain yang berisikan kebaikan, juga bisa saja dibaca setelah selesai khatam Al Quran.

Seseorang boleh membaca doa seperti yang diinginkan, misalnya meminta agar istiqomah dan bisa menghatamkan Al-Qur'an lagi di luar bulan Ramadhan.

(News/Tio)

Terkini Lainnya

  • Bacaan Doa

  • Setelah menghatamkan Al-quran, beberapa orang seringkali bertanya, apakah ada doa khusus yang dibaca ketika khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan?

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • Bacaan Doa

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat