androidvodic.com

Sukseskan Mudik Lebaran 2023, TNI AL Siapkan Pengamanan Sekitar Pelabuhan  - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut telah menyiapkan pengamanan di sekitaran pelabuhan menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat konferensi pers di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

"Kalau keamanan sekitar pelabuhan pasti kita membantu kementerian perhubungan dan pelindo dalam melaksanakan pengamanan mudik lebaran terutama yang lewat laut," kata Muhammad Ali.

Selain itu, KSAL mengayakan pihaknya telah menyiapkan satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mudik gratis 2023, dan dikhususkan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor. 

"Kita akan menyiapkan satu KRI untuk mudik juga gratis terutama untuk motor, pengemudi motor," katanya. 

Hal tersebut, kata Ali, dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan pengendara motor yang melakukan perjalanan jauh. Sebab, jumlah pemudik yang menggunakan motor diprediksi akan meningkat pada tahun ini. 

"Karena kalau sekarang kan setelah covid ini diperkirakan yang akan mudik akan melebihi jumlahnya sebelum covid. Nah ini harus diantisipasi," katanya. 

"Dan apabila pemudik motor itu di jalan sangat berbahaya, mereka jalan jauh dengan membawa beban yang cukup berat untuk di kampung halaman dengan menggunakan motor, kan sangat berbahaya," sambungnya.

Baca juga: Tekan Pemudik Pakai Sepeda Motor, TNI AL Siapkan Kapal Perang untuk Mudik Gratis 2023

Ali belum memerinci KRI mana yang akan diperbantukan untuk mudik gratis, serta jalur mana saja yang akan dilewati. Yang pasti, pihaknya menyiapkan satu kapal perang jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

"Satu dulu, itu juga kalau dibutuhkan oleh kementerian perhubungan, tapi kita tetap menyiapkan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat