androidvodic.com

6 Bahaya Kesehatan Jika Tidur Setelah Sahur, Dokter Resna Beberkan Alasannya - News

News, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam RS Bunda Margonda Depok, dr Resna Murti Wibowo, Sp PD FINASIM, M.Kes. berpandangan, orang yang berpuasa setelah makan sahur tidak boleh langsung tidur.

Pasalnya, setelah makanan sahur masuk ke dalam perut, lambung akan mencernanya menjadi sari-sari makanan yang kemudian diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Kerapkali orang-orang yang menjalani puasa, santap sahur menjelang fajar terkadang dilakukan dalam kondisi tubuh yang mengantuk.

Terlebih setelah tubuh mendapatkan asupan untuk bekal menjalani puasa, mata sering kali terasa berat dan ingin terpejam.

Baca juga: Mengenal Apel Lori yang Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur  

dr Resna bilang, tidur merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat berpuasa dan sebenarnya termasuk ibadah di bulan Ramadan.

"Namun, yang harus disadari bahwa bahaya tidur setelah makan akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan," ujar dr Resna dihubungi Senin (10/04/2023).

dr Resna yang juga merupakan dosen spesialis penyakit dalam di FKK Universitas Muhammadiyah Jakarta ini membeberkan 6 bahaya yang bisa dirasakan jika langsung tidur setelah sahur.

Berikut ulasannya:

1. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

dr Resna menjelaskan tidur setelah makan sahur berpotensi akan membuat naiknya asam lambung ke esofagus (refluks) dan akan mengalami gangguan pencernaan, maka makanan yang baru saja dimakan membutuhkan waktu untuk dicerna oleh lambung selama 2 jam.

Sehingga jika setelah sahur kemudian tidur akan berisiko terkena Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

"Gejala yang dirasakan saat mengalami GERD adalah tenggorokan terasa panas terbakar akibat asam lambung dan sisa makanan yang masih belum tercerna dengan baik," terangnya.

Baca juga: Konon Minum Oralit Saat Sahur Bikin Orang Tahan Haus Selama Puasa, Ini Kata Dokter Tan Soal itu

2. Tubuh Jadi Lemas

Masih ada kebiasaan orang berpuasa bahwa makan sahur tengah malam karena ingin tidur lebih lama. Hal itu sebaiknya segera diubah. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat